Batang pohon tumbang ke jalan raya jurusan Bangli-Rendang tepatnya di depan Pasar Yangapi, Tembuku. (BP/ist)

BANGLI, BALIPOST.com – Sebuah pohon berukuran besar di areal Pasar Yangapi, Tembuku, tumbang dan menimpa jalan raya di depan pasar, Rabu (4/3) pagi. Tidak ada korban, namun batang pohon yang tumbang menyebabkan arus lalu lintas Bangli-Rendang terganggu.

Informasi yang dihimpun, tumbangnya pohon kendal itu terjadi sekitar pukul 09.00 Wita. Menurut beberapa saksi, pohon tumbang diawali adanya suara retakan. Tak berapa lama kemudian batang pohon patah lalu tumbang hingga menutupi badan jalan.

Pohon tersebut juga menimpa kabel PLN dan merusak tembok Pasar Yangapi sepanjang dua meter. Oleh karena jalan tak bisa dilalui, pengendara dari arah Bangli dan Rendang yang melintas di lokasi dialihkan ke dalam pasar.

Baca juga:  Gudang Hancur Tertimpa Tiang Listrik

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangli Ketut Agus Sutapa mengatakan, untuk menangani kejadian tersebut, pihaknya melakukan koordinasi dengan PLN dan Dinas PU Provinsi Bali mengingat jalan tersebut berstatus jalan provinsi.

Upaya evakuasi batang pohon tumbang juga dibantu petugas kepolisian dan warga sekitar. “Sekitar pukul 10.00 sudah tuntas dibersihkan dan arus lalu lintas kembali normal,” terangnya.

Menurut Agus, pohon tumbang dikarenakan usianya sudah tua. Kondisi itu diperparah hujan deras yang sejak beberapa hari terakhir terus mengguyur wilayah Tembuku sehingga pohon tidak kuat menahan beban. (Dayu Swasrina/balipost)