Dewa Nyoman Sadguna. (BP/win)

DENPASAR, BALIPOST.com – Fakultas Pertanian (FP) adalah salah satu fakultas yang dikembangkan Universitas Warmadewa (Unwar). Di bawah naungan Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali, Fakultas yang teakreditasi B ini berdiri sejak 17 Juli 1984.

Empat Program Studi (Prodi) Sarjana (S1) dikembangkan, yaitu Agroteknologi, Ilmu dan Teknologi Pangan, Peternakan, dan Manajemen Sumberdaya Perairan. Prodi ini telah terakreditasi dengan nilai B oleh BAN PT. Bahkan, Prodi Peternakan telah terakreditasi A.

Oleh karena itu, untuk memberikan kesempatan kepada para lulusannya guna meningkatkan kualifikasi pendidikan, kini Fakultas pertanian membuka Prodi Magister (S2) Sains Pertanian pada Program Pascasarjana Unwar. Pembukaan Prodi ini berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 19/M/2020 Tentang Izin Pembukaan Program Studi Sains Pertanian Program Magister di Universitas Warmadewa tertanggal 8 Januari 2020.

Dengan dibukanya Prodi baru ini, kini Pascasarjana Unwar di bawah Direktur, Dr. Dra. Anak Agung Rai Sita Laksmi, M.Si. mengasuh 7 Prodi Magister. Dekan Fakultas Pertanian Unwar, Ir. I Dewa Nyoman Sadguna, M.Agb., mengatakan branding Prodi Sains Petanian adalah ekowisata.

Baca juga:  Fakultas Pertanian Unwar Gelar Yudisium Sarjana LXII Periode I 2019

Sehingga, semua lulusannya nanti memiliki kualitas berwawasan ekowisata sesuai dengan visi Unwar, yaitu pendidikan bermutu, berwawasan ekowisata dan go global tahun 2034. Sasaran Prodi ini adalah para alumni S1 Fakultas Pertanian Unwar dan lulusan dari Universitas lainnya.

Sebab, sosialisasi pembukaan prodi ini telah dilakukan di seluruh Indonesia. “Keunggulan Prodi ini yaitu kita mempunyai kemampuan branding dibidang ekowisata. Karena Bali adalah tujuan pariwisata dunia, jadi paling tidak semua perluasan ilmu pengetahuan dan materinya akan mengarah ke ekowisata,”ujar Dewa Nyoman Sadguna.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa Fakultas Pertanian Unwar telah memiliki 5 laboratorium untuk mendukung proses pembelajaran. Diantaranya, lab analisis pangan, lab produksi pangan, lab green house, lab lapangan dan lab sumber daya perairan, serta didukung lab peternakan.

Selain itu, berbagai kerjasama juga lembaga-lembaga yang berkaitan. Semua fasilitas dan kerjasama yang dilakukan untuk mendukung pencapaian pembelajaran Sains Pertanian. Oleh karena itu, Prodi Sains Pertanian telah siap menerima menerima mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021. (Winatha/balipost)