Wagub Bali melepas wisatawan di Bandara Ngurah Rai, Rabu (5/2) dinihari. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Maskapai China Southern dengan nomor penerbangan CZ 2626 menuju Guangzhou menjadi pesawat terakhir yang terbang dari Bali ke Tiongkok. Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati melepas dan meninjau langsung penerbangan terakhir itu, Rabu (5/2) pukul 00.30 Wita.

Wagub yang akrab disapa Cok Ace itu didampingi jajaran Kementerian Perhubungan RI dan PT. Angkasa Pura. “Kita membuat kesan baik pada wisatawan terutama dari China, tidak ada kesan ‘mengusir’ karena kebijakan pemerintah,” ujarnya.

Baca juga:  Sebar Informasi Ditutupnya Penerbangan Tiongkok, Seluruh Stakeholder Pariwisata Dikerahkan

Cok Ace berharap wabah virus corona lekas teratasi di China atau Tiongkok. Tanpa mengurangi rasa empati, pihaknya bersyukur di Bali dan Indonesia secara umum saat ini tidak ada yang terindikasi positif virus corona.

Bagi wisatawan Tiongkok yang ingin memperpanjang masa tinggal (extend) di Bali, sesuai arahan pemerintah pusat dikatakan ada kompensasi perpanjangan visa. “WNA dipersilahkan memperpanjang masa tinggal selama penerbangan ditutup. Banyak WNA sehat yang ingin memperpanjang masa libur di Bali, dan tidak masalah,” katanya.

Baca juga:  Data Konjen RTT, Masih Ada 5.000 Wisatawan Tiongkok di Bali

Sementara itu, Direktur Keamanan Penerbangan Kemenhub RI, Mohammad Alwi mengatakan, WHO sudah mengumumkan perihal penyebaran virus corona dan ada 24 negara terjangkit. Pihaknya bersama pemda melakukan langkah preventif untuk mencegah penyebaran virus masuk ke Indonesia, terutama Bali. “Semua maskapai sudah sepakat dan belum ada permintaan penerbangan khusus selama penerbangan ditutup sementara,” imbuhnya.

Terdapat 164 penerbangan dari Pulau Dewata menuju kawasan China yang dihentikan sementara waktu. Seluruh penerbangan yang menghubungkan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dengan seluruh destinasi di China Daratan dibatalkan mulai Rabu, 5 Februari 2020 Pukul 00.00 WIB. (Rindra Devita/balipost)

Baca juga:  Wisman Tak Perlu Takut Datang, Bali Aman!
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *