Arsip Foto -Petugas Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan memperlihatkan hasil tes antigen yang menunjukkan adanya indikasi penularan virus corona dalam kegiatan pelacakan kasus di Jurangmangu Barat, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (23/6). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Dalam memperkuat kapasitas surveilans dan identifikasi virus corona penyebab COVID-19, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko mengatakan bahwa Indonesia berkolaborasi dengan negara-negara Asia Tenggara.

“Serupa dengan inisiasi global melalui inisiatif GISAID, kolaborasi antar-negara ini penting untuk memperkuat surveilans terkait penyebaran dan identifikasi dini virus SARS-CoV2 dan berbagai variannya,” kata Handoko saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Rabu.

Baca juga:  Seimbangkan Alam Bali, Pemprov Bali Gelar Pemelepeh lan Pemahayu Jagat

Ia mengemukakan bahwa pandemi COVID-19 merupakan masalah bersama bagi negara-negara di dunia sehingga upaya penanggulangannya juga harus dilakukan bersama-sama, termasuk dalam hal surveilans dan identifikasi varian virus. “Upaya ini tentu tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, dan harus melibatkan negara di kawasan dan bahkan global,” katanya.

Menurut Handoko, Indonesia sejak awal pandemi COVID-19 telah menjadi bagian dari ASEAN COVID Genomics Project dan ASEAN-Wide Anti-COVID-19 Sero-Surveillance Study. Indonesia, ia melanjutkan, juga mendukung upaya global dalam mengidentifikasi varian virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 dengan mengirim hasil pengurutan genom menyeluruh virus corona ke Global Initiative on Sharing All Influenza Data (GISAID).

Baca juga:  Sport Tourism Indonesia Go Internasional Lewat Turnamen Golf PGM Championship 2017

Virus corona tipe SARS-CoV-2 mengalami mutasi dan menghadirkan varian-varian baru. Varian-varian baru virus corona yang muncul di antaranya ada yang lebih cepat menular dan lebih ganas.

Kondisi yang demikian membuat kapasitas surveilans dan identifikasi varian virus corona untuk mengetahui karakteristik serangan virus menjadi penting dalam upaya penanggulangan penularan COVID-19. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *