Almarhum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan di Bandung. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Mantan Dirjen Bimas Hindu Mayjen TNI (Pur) Ir. I Wayan Gunawan berpulang 27 Januari 2020. Selain dilaksanakan pemakaman secara militer di Taman Makam Pahlawan, Cikutra, Bandung, rencananya juga akan dilangsungkan upacara pengabenan secara adat dan agama Hindu di Bali.

“Untuk pelaksanaannya masih menunggu hari baik dan keputusan keluarga di Bandung,” ujar salah seorang keponakan almarhum, I Wayan Geria, Kamis (30/1)

Geria menjelaskan, selama ini almarhum tinggal di Jalan Sukahaji Indah No.8 Bandung. Selama karier militernya, putra Bali ini pernah ikut dalam operasi militer ke Malaysia.

Ayahanda Dody Irawan ini meninggal pada usia 75 tahun di Rumah Sakit Salamun Cimbuleuit pukul 06.47 WIB. Pihak keluarga meluruskan bahwa almarhum yang meninggalkan satu istri dan tiga orang anak, karena faktor usia, bukan akibat stroke atau sakit jantung.

Baca juga:  Diduga Kelelahan, Nenek Meninggal di Pinggir Jalan

“Mewakili keluarga, kami menyampaikan terima kasih atas ucapan belasungkawa dari masyarakat Hindu kepada almarhum, sekaligus meminta maaf apabila selama hidup almarhum ada berbuat salah,” katanya.

Di luar dunia militer, almarhum menjabat Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI periode 1997-2000. Almarhum dilantik menjadi Dirjen Bimas Hindu dan Buddha yang kelima.

Pada masa jabatannya, berdirilah Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Denpasar berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 1999 tertanggal 3 Maret 1999 tentang pendirian STAHN Denpasar yang ditandatangani oleh Presiden RI (Prof. DR. B.J. Habibie). (Agung Dharmada/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.