Bupati Giri Prasta menghadiri HUT ke-48 ST Eka Mana Swara. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri HUT ke-48, Sekaa Teruna (ST) Eka Mana Swara, Br. Dajan Peken, Desa Sembung, Kecamatan Mengwi, di Wantilan Pura Dalem Paruman, Sembung, Selasa (28/1). Puncak acara HUT diisi pemotongan tumpeng dan pengukuhan pengurus ST masa bakti tahun 2020-2023.

Bupati Giri Prasta sangat mengapresiasi kreativitas sekaa teruna yang dari tahun ke tahun selalu meningkat. Hal ini dapat dilihat dari kemasan perayaan HUT yang sudah sangat baik dengan menonjolkan kegiatan seni dan budaya.

Selain itu dalam kreativitas pembuatan ogoh-ogoh dalam rangka perayaan Nyepi juga dinilai banyak inovasi yang ditonjolkan. Untuk itu Bupati senantiasa memberikan bantuan kegiatan perayaan HUT Sekaa Teruna maupun kreativitas ogoh-ogoh. “Karena pelaksanaan hari pawai ogoh-ogoh dan penyepian pada tahun lalu berlangsung dengan aman, sehingga tahun ini bantuan pembuatan ogoh-ogoh untuk 534 sekaa teruna di Badung kami tingkatkan menjadi Rp. 40 juta per ST, ” jelasnya.

Bupati juga meminta kepada sekaa teruna untuk tidak mabuk-mabukan, mengganggu ketertiban umum, seks bebas dan narkoba. Ke depan sekaa teruna diharapkan terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada sekarang. Terlebih Pemkab Badung telah memberikan wifi gratis di seluruh kawasan strategis di Badung.

Baca juga:  Hadiri HUT ST Satya Mukti Mayungan Baturiti, Bupati Giri Prasta Ajak Sekaa Teruna Hindari Narkoba

Di akhir sambutannya, Bupati minta sekaa teruna beserta krama banjar agar tetap bersatu. “Trisakti di banjar ini yakni wimuda (anak-anak), winata (sekaa teruna) dan wiwerda (orang tua) harus bersatu sehingga segala pembangunan akan berhasil,” tegasnya.

Bupati yang didampingi Kabag Humas Setda Badung I Made Suardita dan Camat Mengwi I Nyoman Suhartana juga menyampaikan komitmennya untuk meringankan beban pribadi masyarakat maupun beban komunal masyarakat. Sehingga dana yang semestinya untuk itu dapat dikelola guna meningkatkan ekonomi keluarga.

Ketua ST Eka Mana Swara, I Made Andy Mandarika mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan Bupati Badung. Bantuan ini sangat dirasakan dan sangat mendukung program/kegiatan sekaa teruna salah satunya dalam pelaksanaan acara ulang tahun maupun pembuatan ogoh-ogoh. “Untuk itu kami siap mendukung program Bapak Bupati salah satunya siap melestarikan seni, adat dan budaya bali,” imbuhnya. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.