AMLAPURA, BALIPOST.com – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memasang CCTV di puncak Gunung Agung. Pemasangan dilakukan  sebagai upaya memudahkan pemantauan kondisi kawah Gunung Agung secara kontinyu.

Kasubbid Gunung Api Wilayah Timur, Devy Kamil Syahbana, Minggu (29/12) mengatakan, CCTV yang dipasang PVMBG jumlahnya hanya satu. Kata dia, pemasangan dilakukan Sabtu (28/12). “CCTV dipasang ke puncak oleh sejumlah petugas dari PVMBG. Sekarang CCTV sudah mulai berfungsi untuk memantau kondisi di kawah Gunung Agung,” ucapnya.

Devy menambahkan, tujuan dari pemasangan CCTV tersebut adalah agar petugas PVMBG semakin mudah memonitor kondisi kawah Gunung Agung dari waktu ke waktu. Selain itu, pihaknya juga ingin memberikan informasi yang benar kepada seluruh masyarakat terkait kondisi kawah Gunung Agung.

Baca juga:  Dana Penyangga Likuiditas Baru Terkumpul Rp 4 Miliar

Dia menambahkan, memang banyak dampak positif dengan pemasangan CCTV ini. Selain mencari data perkembangan Gunung Agung, pemasangan CCTV ini juga dapat memberikan informasi ke masyarakat terkait kondisi kawah Gunung Agung. “Selama ini, cukup banyak masyarat yang nekat naik ke puncak Gunung Agung hanya untuk mengetahui kondisi kawah Gunung Agung. Jadi, saat ini masyarakat tak perlu lagi sampai naik ke puncak gunung untuk mengetahui kondisi kawah karena sudah ada CCTV,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.