GIANYAR, BALIPOST.com – Ribuan warga memadati areal Pantai Lebih, Desa Lebih, Kecamatan Gianyar pada hari suci Tilem Sasih Kaenem, Kamis (26/12). Diketahui pada hari tersebut masyarakat Gianyar melaksanakan upacara Nangluk Merana, dengan menghaturkan sesajen di lokasi tersebut.

Upacara ini bertujuan agar seluruh masyarakat dilindungi dari musim pancaroba.

Pemangku setempat, Jero Mangku Cemeng menjelaskan Tilem Sasih Kaenam merupakan musim pancaroba yang identik dengan berbagai macam hal negativ atau penyakit. Ribuan warga Gianyar pun silih berganti melakukan persembahyangan dari Kamis dinihari hingga siang. “Ini sudah berlangsung sejak subuh, dari pukul 05.30 masyarakat sudah mulai berdatangan dan menghaturkan sesajen,” jelasnya.

Baca juga:  Diduga Nistakan Agama, Penendang Sesajen Ditangkap dan Berstatus Tersangka

Dikatakan masyarakat datang ada yang keinginan pribadi, ada juga yang sesuai tardisi di banjar dan desa masing-masing. Untuk yang tradisi di desa, ada yang sasuhunannya tedun (turun) langsung ke pantai, dan ada juga yang diwakilkan oleh prajuru desanya saja.

“Mereka yang Nangluk Merana di sini ada yang prajuru desa saja mewakili untuk menghaturkan sesajen dilanjutkan nunas tirta, kemudian sampai di desa dibagi lagi kepada warganya. Selain itu ada juga yang nedunang langsung sasuhunan berupa barong dan rangdanya ke pantai seperti melasti,” imbuhnya jro mangku asal Desa Lebih ini. (Manik Astajaya/balipost)

Baca juga:  Kembalikan Kejayaan Celuk Sentra Perak, Begini Diusulkan
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *