Dr. Dra. I Gusti Ayu Suasthi, M.Si. (tengah) berfoto bersama Rektor Unhi Denpasar Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, M.S. (4 dari kanan) dan para dewan penguji seusai ujian terbuka promosi doktor, Sabtu (14/12). (BP/Istimewa)

 

DENPASAR, BALIPOST.com – Univesitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar kembali melahirkan seorang Doktor Pendidikan Agama Hindu pada ujian terbuka promosi doktor, Sabtu (14/12). Dia adalah Dra. I Gusti Ayu Suasthi, M.Si. yang merupakan salah satu dosen Diperbantukan (Dpk) Unhi Denpasar yang membidangi ilmu Psikologi Pendidikan.

Dalam disertasinya, I Gusti Ayu Suasthi mengangkat penelitian tentang ‘’Ideologi Tri Hita Karana Dalam Membangun Perilaku Religius pada Grihastha Asrama di Desa Sukawati, Gianyar’’. Istri dari Dr. Drs. Pande Ketut Suastawa, M.S. ini merupakan Doktor ke-73 yang promosinya di Program Pascasarjana Unhi Denpasar.

I Gusti Ayu Suasthi menjelaskan bahwa Tri Hita Karana mengandung nilai-nilai Hindu yang mendorong kebaikan dan kasih sayang. Di samping juga merawat lingkungan alam dengan kemurahan hati untuk mencapai keharmonisan, kedamaian, dan kebahagiaan. “Semua yang dilakukan oleh para Grihasta Asrama di Desa Sukawati telah berimplikasi terhadap keberlangsungan aspek religius, sosial, dan budaya pada kehidupan masyarakat di Desa Sukawati,” ujar alumni Unpad Bandung ini.

Baca juga:  Wujudkan Nangun Sat Kerthi Loka Bali, Koster Harapkan Kontribusi UNHI di 3 Bidang Ini

Ujian terbuka promosi doktor yang berlangsung selama dua jam ini dipimpin langsung oleh Rektor Unhi Denpasar Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, M.S., Prof. Dr. I Ketut Suda, M.Si. selaku Promotor, Dr. Ni Putu Suwardani, M.Pd. selaku Kopromotor, dan diuji 6 dewan penguji lainnya. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.