Pimpinan DPRD Bangli dilantik pada Senin (16/9). (BP/ina)

BANGLI, BALIPOST.com – Tiga pimpinan DPRD Bangli masa bhakti 2019-2024 yang sebelumnya telah ditetapkan, resmi dilantik Senin (16/9). Pelantikan dilaksanakan melalui rapat paripurna pengucapan sumpah/janji Pimpinan DPRD di gedung DPRD Bangli.

Pengambilan sumpah dan janji pimpinan DPRD Bangli dipimpin langsung Ketua Pengadilan Negeri Bangli. Tiga pimpinan dewan yang dilantik kemarin yakni I Wayan Diar sebagai Ketua DPRD, serta Nyoman Budiada dan Komang Carles sebagai Wakil Ketua DPRD Bangli.

Acara pengambilan sumpah dan janji dihadiri Bupati Bangli I Made Gianyar, Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, serta unsur muspida, pimpinan OPD dan undangan lainnya. Ketua DPRD Bangli Wayan Diar menyampaikan, pengucapan sumpah/janji yang dilaksanakan ini mengandung makna yang mendalam sebagai pernyataan janji suci setelah diberikan mandat oleh masing-masing induk partai untuk menjalankan tugas memimpin lembaga ini selama lima tahun ke depan.

“Tugas, fungsi dan tanggung jawab ini harus menjadi landasan berpikir dalam menyusun alat kelengkapan DPRD, lebih-lebih dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi alat kelengkapan DPRD tersebut,” kata Diar.

Lanjut dikatakannya, dalam hitungan tiga bulan ke depan sudah ada beberapa tugas penting yang menunggu. Yaitu membahas rancangan perubahan APBD Tahun Anggaran 2019 dan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2020 sebagai pelaksanaan fungsi anggaran (budgeting) disamping tugas pembentukan perda dan tugas pengawasan sebagai tugas pokok DPRD. “Oleh karenanya marilah kita berkonsentrasi untuk suksesnya tugas dan tanggung jawab tersebut dengan selalu berkomitmen dan berorientasi pada kepentingan masyarakat,” ucapnya.

Baca juga:  Pengurus Forkom Dewi Bali 2019-2024 Dikukuhkan

Bupati Bangli I Made Gianyar dalam sambutannya mengatakan dengan dilantiknya pimpinan DPRD ini diharapkan alat kelengkapan DPRD antara lain tata tertib dan rencana kerja dapat segera ditetapkan sehingga fungsi ideal DPRD dapat segera dijalankan. “Keberadaan pimpinan dan anggota DPRD Bangli periode 2019-2024 ini kami harapkan selain menjalankan fungsi ideal tersebut juga mampu mndukug pemerintahan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan swasta melalui program kemitraan antara pemerintah, masyarakat dan swasta,” kata Gianyar.

Diharapkan juga kerjasama antara legislatif dan eksekutif dapat meningkat dan menjadi mitra dalam melaksanakan berbagai program pembangunan. Kontrol dari legislatif juga sangat diharapkan agar pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan di Kabupaten Bangli tetap on the track dan dapat dipertanggungjawabkan.

Sementara itu pascapelantikan pimpinan dewan, DPRD Bangli telah menjadwalkan penetapan alat kelengkapan DPRD (AKD) Bangli. Penetapan AKD akan dilaksanakan melalui rapat paripurna, Selasa (17/9). (Dayu Swasrina/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.