Ilustrasi. (BP/dok)

Oleh I Wayan Kerti

Kualitas pendidikan pada era sekarang ini perlu mendapatkan penanganan dan perhatian khusus. Salah satu solusinya adalah pemenuhan sarana dan prasarana yang memadai sebagai pusat sumber belajar. Perpustakaan merupakan suatu tempat untuk menyimpan sebuah koleksi bahan pustaka dan sebagai sarana yang diharapkan dapat menunjang suatu proses belajar-mengajar di sekolah agar peserta didik dapat mencapai kualitas pendidikan sesuai tujuan yang diharapkan.

Keberadaan perpustakaan sekolah diharapkan dapat memenuhi kebutuhan warga sekolah untuk mendapatkan informasi serta menumbuhkan minat baca yang dirasa masih lemah. Dengan tersedianya perpustakaan di sekolah-sekolah, akan memberi kemudahaan bagi warga sekolah, khususnya peserta didik untuk menggali informasi dari sumber-sumber bacaan digital maupun buku-buku.

Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan, proses pendidikan pun menuntut perubahan pelayanan siswa. Pembelajaran tidak terpaku pada proses tatap muka di kelas tetapi mampu menjadikan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar. Bentuk layanan pendidikan pun selalu berkembang dan berubah, termasuk pendekatan mengajar dari pendekatan tradisional ke arah aspek modern dengan pelibatan sistem multimedia dan komunikasi elektronik.

Penyataan selama ini, ternyata perpustakaan tidak diminati siswa untuk digunakan sebagai sumber belajar karena banyaknya multimedia canggih yang lebih mudah dan cepat digunakan. Oleh karena itu, perpustakaan sekolah tidak hanya sebagai penyedia bacaan siswa di kala senggang. Perpustakaan harus menjadi sumber, alat, dan sarana untuk belajar siswa.

Perpustakaan harus siap setiap saat untuk menunjang dan terlibat dalam pelaksanaan proses pembelajaran, baik di dalam jam pelajaran maupun di luar jam pelajaran. Perpustakaan dapat digunakan sebagai sarana peningkatan wawasan dan pengetahuan, meningkatkan minat dan kebiasaan membaca siswa, sarana pencarian pengetahuan atau informasi dan perpustakaan pun dapat digunakan sebagai tempat diskusi, ajang bertukar pikiran antara kelompok belajar.

Jadi, sangat wajar apabila perpustakaan sekolah diibaratkan jantungnya sekolah karena perpustakaan sekolah merupakan unit kerja yang menghimpun, mengolah, dan menyajikan kekayaan intelektual untuk kepentingan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa (Lasa, 2009:20).

Manfaat Perpustakaan Tri Septiyanto dalam Rahayuningsih (2007:6) menjelaskan beberapa fungsi dari perpustakaan sekolah yaitu: (a). sebagai sumber kegiatan belajar-mengajar, maksudnya adalah perpustakaan dapat menjadi tempat bagi anak untuk mengembangkan kemampuan menggunakan informasi, dan bagi guru dapat membantu dalam mengajar dan menambah pengetahuan. (b). Membantu siswa untuk memperjelas dan memperluas pengetahuannya pada setiap bidang studi, yakni dengan menjadikan perpustakaan sebagai semacam laboratorium yang sesuai dengan tujuan yang terdapat di dalam kurikulum. (c). Mengembangkan minat dan budaya membaca yang menuju kebiasaan mandiri, dengan cara menambah kelengkapan koleksi pustaka. (d). Membantu siswa untuk mengembangkan bakat, minat, dan kegemarannya. (e). Membiasakan siswa untuk mencari informasi di perpustakaan, bisa dilakukan dengan pemberian tugas dari guru. (f). Merupakan tempat untuk mendapatkan bahan rekreasi sehat, melalui buku-buku bacaan yang sesuai dengan umur dan tingkat kecerdasan siswa. (g). Memperluas kesempatan belajar bagi para siswa, di luar kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.

Baca juga:  Seratusan Sekolah di Buleleng Belum Dilengkapi Perpustakaan

Perpustakaan sekolah adalah suatu unit atau lembaga yang menghimpun dan mengelola bahan-bahan pustaka dan hasil penelitian ilmiah yang digunakan sebagai sumber informasi oleh setiap yang membutuhkan. Oleh karena itu, perpustakaan sekolah merupakan bagian penting dari program penyelenggaraan pendidikan tingkat sekolah yang memiliki fungsi dan manfaat untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan. Fungsi dan manfaat perpustakaan sekolah tersebut diharapkan dapat bermanfaat sebagai pusat sumber belajar untuk mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan tidak hanya untuk siswa akan tetapi untuk semua warga sekolah.

Oleh karena itu, perpustakaan sekolah hendaklah dapat lebih mengelola perpustakaannya secara menarik, proporsional dan profesional, agar fungsi dan manfaat dari perpustakaan dapat lebih baik. Perpustakaan sekolah diharapkan dapat menjadi sumber belajar bagi siswa maupun warga sekolah dalam mencari dan memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan. Perpustakaan sekolah agar dapat menambah koleksi bahan pustaka yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini agar siswa tetap up to date dalam mengakses dan memperoleh informasi. Perpustakaan sekolah juga  hendaknya dapat memperbaiki dan menambah sarana dan prasarana dalam perpustakaan, agar pengunjung perpustakaan dapat senang dan nyaman berada di dalam perpustakaan sebagai pusat sumber belajar.

Penulis, guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Abang, Ketua Tim Literasi Sekolah, Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kabupaten Karangasem

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.