DENPASAR, BALIPOST.com – Warga Papua yang tinggal di wilayah Denpasar cukup banyak. Selain kerja di Bali, sebagian dari mereka berstatus pelajar dan mahasiswa. Terkait demo anarkis yang terjadi di Papua beberapa waktu lalu, Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Ruddi Setiawan menjamin warga yang tinggal di Denpasar aman dan nyaman.

“Kami menjamin keamanan warga Papua, termasuk pelajar dan mahasiswa. Mereka nyaman sekolah di sini (Bali). Jika ada hal-hal tidak diinginkan, sampaikan kepada kami. Bhabinkamtibmas kami akan menjaga mereka,” tegas Kapolresta Ruddi di sela-sela kegiatan merajut cinta untuk negeri dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika yang dihadiri pelajar SD hingga SMA, termasuk siswa dari Papua dan disabilitas, Rabu (11/9).

Kegiatan itu bertujuan terus mengajak generasi muda, khususnya pelajar SD, SMP dan SMA/SMK mencintai Bangsa Indonesia. Selain itu, agar mereka mempunyai jiwa dan tekad menjaga NKRI. “Kita sama-sama menyayikan lagu gebyar-gebyar supaya mereka lebih mencintai NKRI,” ungkapnya.

Baca juga:  Guru Hindu di Tabanan Dapat Materi Bela Negara

Mantan Kapolres Badung ini berharap generasi muda Papua bersama-sama menjaga NKRI. “Supaya situasi Papua dan Bali tetap kondusif,” kata Wadir Reskrimsus Polda Bali ini.

Acara penuh keceriaan tersebut dihadiri 10 siswa SMK 1 Kuta Selatan termasuk enam orang dari Papua, sembilan siswa SMK 3 Denpasar Selatan termasuk lima asal Papua, pelajar Yayasan Islam Alinayag, Yayasan Salam Kristen, Yayasan Gayatri Hindu, Sekolah Luar Biasa Anak dan Tuna Netra Mahatmamiaya.

Kegiatan itu juga dikaitkan dengan Operasi Bina Waspada Agung 2019. Untuk mempersatukan masyarakat yang beragam perlu adanya toleransi tinggi membangun rasa kebersamaan masyarakat yang cerdas dan pluralitas nasionalisme. “Dengan semangat nasionalisme kita terhindar dari ancaman disintegrasi yang dapat mengganggu bangsa dan keutuhan NKRI. Kita semua adalah saudara. Walaupun berbeda suku, adat, dan budaya, kita tetap satu Bangsa Indonesia,” tandas Ruddi didampingi Wakapolresta AKBP Benny Pramono. (Ngurah Kertanegara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.