Direktur UT Denpasar, Dra B Esti Pramuki, S.K, M.Pd dan pengurus UT Pokjar Jembrana senam bersama di tengah ribuan mahasiswa UT di Jembrana serangkaian Dies Natalis ke-35 UT di Lapangan Negara. (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Dies Natalis ke-35 Universitas Terbuka (UT) Denpasar digelar di Lapangan Negara, Jembrana, Minggu (8/9). Dies Natalis yang digelar Kelompok Belajar (pokjar) Jalak Putih ini  dihadiri ribuan mahasiswa UT ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Direktur UT Denpasar, Dra B Esti Pramuki, S.K, M.Pd didampingi para pengelola Pokjar UT di Jembrana.

Selain itu, sejumlah kegiatan lomba yang melibatkan mahasiswa dan pokjar digelar dan puncaknya fashion show anak-anak (PAUD) dengan diikuti puluhan peserta. Direktur UT Denpasar, Dra B Esti Pramuki, S.K, M.Pd mengatakan sesuai dengan tema Dies Natalis UT tahun ini, yakni “Mengukuhkan Konektivitas Bangsa di Era Siber”, diharapkan ke depan UT semakin terdepan dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan semakin eksis di masyarakat.

Apalagi, UT diberikan mandat Kementerian Ristekdikti untuk memperkenalkan sistem pembelajaran online. Bahkan saat ini sudah banyak Universitas yang belajar ke UT tentang sistem PJJ ini.

Di samping akademik, UT belum lama ini juga menggelar Disporseni (Diskusi Ilmiah dan Pekan olahraga dan Seni) yang diikuti kontingen dari seluruh UT di Indonesia (39 UT dan satu UT Luar Negeri). Selain itu Disporseni UT juga diikuti 8  Universitas di Indonesia. “Ini bukti kami UT berani bersaing di bidang IT, Olahraga dan Seni. Kami memiliki banyak kegiatan kemahasiswaan. Baik akademik maupun non-akademik. Dan bila berprestasi kami dorong bisa sampai ke tingkat nasional,” ujarnya.

Baca juga:  UT Denpasar Gelar Baksos di Jembrana, Serahkan Donasi Bagi Siswa Disabilitas dan Anak Kurang Mampu

Diharapkan ke depan, UT semakin dewasa, eksis dan tetap menjadi pionir dari PJJ. Khusus untuk di Jembrana, pihaknya berharap Kabupaten Jembrana juga memberikan pendampingan dalam beasiswa.

Saat ini, UT juga telah memberikan 50 beasiswa, di antaranya 25 dari bidikmisi dan 25 dari CSR. “Secara IPK, tidak kalah dengan Universitas lain. Saya inginkan Kabupaten Jembrana menjadi Kabupaten yang terdepan secara pendidikan dan memberikan support,” katanya.

Pramuki juga menambahkan bahwa UT mulai semester depan membuka jenjang belajar S3 Ilmu Manajemen dan Administrasi Publik. Hal ini menunjukkan bahwa UT semakin lama, semakin matang.

Dibukanya jenjang S3 ini setelah Kemenristek Dikti RI memberikan izin operasional kepada UT saat puncak Dies Natalis 4 September lalu.

Pengelola UT Pokjar Jembrana, I Komang Gede Santika Yasa mengatakan pada Dies Natalis tahun ini mahasiswa berperan aktif dalam kegiatan. Dan diharapkan ke depan, UT Jembrana semakin eksis dan tetap menjadi pilihan masyarakat Jembrana menempuh perguruan tinggi. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.