Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Setiap orang pasti memiliki hobi yang berbeda-beda. Hobi yang ditekuni bisa menjadi suatu pekerjaan di mana kita merasa senang saat menjalankannya sehingga kemungkinan untuk mendapatkan kesuksesan lebih besar.

Seperti hobi menjadi reseller sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk mencari pekerjaan. Nah, bagi Anda yang berencana jadi reseller, yuk, simak tips sukses dari Swara Tunaiku berikut!

1. Ubah Tantangan menjadi Peluang

Terkadang, ide bisnis muncul dari hal-hal di sekitar kita. Tantangan yang kita hadapi bisa diubah menjadi peluang bisnis yang tentunya lebih menguntungkan. Misalnya, Anda kesulitan menemukan tempat fotokopi di daerah Anda, maka tantangan tersebut bisa Anda ubah menjadi peluang bisnis, yaitu membangun tempat fotokopi.

2. Peka Terhadap Peluang

Sebenarnya, banyak peluang yang ada di sekitar kita yang bisa dijadikan peluang bisnis. Hanya saja, tidak semua orang mengetahuinya karena setiap orang memiliki kepekaan yang berbeda-beda terhadap peluang bisnis ini. Untuk itu, Anda bisa berbincang bersama keluarga, teman sesama pebisnis untuk melatih kepekaan.

3. Temukan Supplier yang Tepat

Sebagai seorang reseller, supplier menjadi hal yang sangat menentukan dalam berbisnis. Banyak orang yang mengaku supplier tangan pertama dengan harga murah, tapi jangan mudah percaya. Anda harus memastikan bahwa supplier tersebut benar-benar terpercaya dan merupakan tangan pertama agar untungnya lebih banyak.

4. Kenali Kompetitor

Dalam bisnis, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk mengenal kompetitor bisnis. Bukan untuk iri, tapi kita bisa menyusun strategi yang lebih jitu untuk menarik minat para pembeli. Pilihlah kompetitor yang sudah sukses untuk menjadi pesaing agar kita memiliki motivasi yang lebih tinggi dalam memajukan bisnis ini.

5. Teknik Pemasaran yang Modern

Pemasaran merupakan bagian yang harus ada dalam bisnis. Tanpa adanya pemasaran, sulit bagi reseller untuk mendapatkan banyak pembeli. Sekarang ini, Anda bisa melakukan pemasaran dengan lebih efektif dan efisien, seperti penggunaan media sosial. Dengan cara ini, peluang untuk mendapatkan pembeli akan semakin besar.

Baca juga:  Cara Kecilkan Perut Buncit dengan Cepat dan Alami

6. Berikan Pelayanan Terbaik dan Selalu Stand By

Sebagai reseller, penting untuk membuka komunikasi bagi para pembeli untuk melayani apa yang ingin mereka beli. Pembeli akan merasa senang jika Anda segera membalas pertanyaan mereka ataupun merespons pesanan yang mereka buat dengan ramah. Hal ini dapat meningkatkan daya tarik untuk toko online yang Anda miliki.

7. Berani Ekspansi

Untuk bisa mendapatkan kemajuan dalam bisnis, jangan pernah takut untuk melakukan ekspansi. Bisnis yang mulanya hanya Anda jual di Indonesia, Anda bisa memulai pemasaran hingga ke mancanegara. Meskipun birokrasi yang harus Anda lalui cukup banyak dan panjang, jangan pernah menyerah atau putus asa.

8. Membaca Pasar dengan Tepat

Sebelum melakukan ekspansi, Anda harus bisa membaca target market dengan baik agar ekspansi yang Anda lakukan tidak sia-sia. Misalnya, jika Anda menjual perlengkapan bayi dan melakukan ekspansi ke Tiongkok, itu merupakan langkah yang tepat karena kelahiran bayi di Tiongkok justru lebih besar.

9. Berikan Promo yang Menarik

Setiap orang pasti merasa tertarik jika ada istilah “promo”, apalagi para perempuan. Promo yang menarik bisa Anda tawarkan pada awal-awal membuka bisnis. Namun, pastikan jika promo yang diberikan tidak akan membuat bisnis Anda menjadi rugi, melainkan bisa menjadi investasi untuk kemajuan bisnis di kemudian hari.

Demikian informasi mengenai tips menjadi reseller sukses yang bermula dari sebuah hobi. Apa pun pekerjaannya, pasti membutuhkan usaha untuk bisa mencapai kesuksesan. Namun, jika kita melakukan usaha dengan hati yang senang, banyak hal positif yang akan kita dapatkan, termasuk dalam mendapatkan keuntungan bisnis. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.