Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Siapa yang tak mau sukses dalam hal yang dijalani sepenuh hati? Tak ada, kan? Begitu jugalah para pebisnis. Mereka akan rela melakukan apa saja untuk mendapatkan kesuksesan pada bisnisnya.

Bagi kamu yang mau tahu, Swara Tunaiku merangkum sejumlah kiat jadi pebisnis yang sukses dan andal yang bisa kamu terapkan sendiri! Apa saja?

1. Self Affirmation

Salah satu hal yang harus kamu lakukan agar bisa jadi pebisnis yang andal adalah self affirmation atau secara sederhana aadalah mengulang suatu pernyataan secara terus-menerus dengan tujuan meyakinkan diri bahwa pernyataan itu adalah benar. Hal ini sangat baik dilakukan karena bisa menggerus pernyataan negatif yang ada di diri kamu.

Selain itu, ia juga bisa menggantikannya dengan pemikiran yang positif. Untuk melakukan cara ini sangatlah mudah. Kamu cukup berdiri di depan cermin, tatap diri kamu dan ucapkan kalimat sederhana seperti ‘aku sukses, bisa mencapai apa yang kuinginkan’. Dengan niat tersebut dan kemampuan ingin mendapatkan kesuksesan, semua bisa kamu capai.

2. Berani Menantang Diri Sendiri

Selain itu, cobalah untuk berani menantang diri sendiri. Seorang pengusaha harus siap menghadapi tantangan yang ada dan jangan pernah merasa puas dengan hanya berada di zona nyaman terus. Cobalah untuk menantang diri sendiri sehingga kamu bisa menemukan semangat dalam menghadapi perkembangan yang terjadi.

Selain itu, dengan menantang diri sendiri, kamu bisa jadi seorang pengusaha yang sukses dalam mencapai segala misi dan visi yang kamu tanamkan sebelumnya. Tidak tergantung dari zona nyaman yang selama ini sudah kamu miliki.

3. Percaya Diri

Tentu saja, untuk bisa mendapatkan kesuksesan, kamu harus percaya diri dengan apa yang dilakukan. Calon pengusaha yang sukses biasanya bisa dilihat dari gestur tubuhnya ketika kamu berkenalan untuk pertama kalinya dengan orang tersebut. Kamu juga harus bisa demikian untuk membuat intuisimu lebih tajam.

Baca juga:  Pinjaman Uang Ditolak? Ini Tipsnya untuk "Move On"

Dengan ini, kamu bisa lebih mudah dalam mengambil keputusan untuk ke depannya. Hilangkanlah ketidakpastian dalam dirimu sehingga kamu akan bebas dari rasa takut untuk memulai bisnis. Ingat, hal yang membuat kamu bisa berhasil adalah kemampuan kamu, pengalaman serta ilmu yang dimiliki. Bukan hanya salah satunya saja.

4. Fokus Pada Satu Bisnis Dulu

Ketika kamu baru memulai bisnis, ada baiknya kamu berfokus pada satu bisnis dulu. Jangan buru-buru menggandakan keuntungan dengan memulai bisnis kedua sebab itu malah bisa jadi bumerang nantinya. Pastikan bisnis kamu yang kelola saat ini sudah benar-benar stabil dari segala sisi. Jika sudah, barulah kamu bisa memulai untuk membuka bisnis selanjutnya.

5. Seek Help Form the Pro

Meminta saran pada orang yang jauh lebih profesional dari kamu bukanlah hal yang tak diperbolehkan. Malah, ini sangat dianjurkan bila kamu ingin menjadi sukses. Ada banyak orang yang sudah menerapkannya dan kebanyakan dari mereka berhasil. Bahkan, tak salah juga bila kamu ingin meminta saran pada rekan bisnismu.

6. Konsistensi

Tentu saja, konsistensi juga harus kamu pertahankan. Bila terjadi masalah pada bisnismu, cari penyebabnya. Pelajari hal tersebut dengan sebaiknya dan jangan mudah menyerah. Dengan hal ini, sukses sudah berada di depanmu sebab dedikasi yang selama ini kamu lakukan tak akan pernah mengkhianati.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar bisa sukses sebagai pebisnis. Dengan menerapkannya, bukan tak mungkin bisnis yang saat ini masih kecil dan seumur jagung, beberapa tahun ke depan akan menjadi raksasa. Kuncinya ada pada diri kamu sendiri, bagaimana mau membawanya ke depannya! (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.