Gempa bumi belakangan terasa makin sering terjadi. Imbauan cuaca buruk juga sering saya ikuti di handphone termasuk di media massa. Informasi tentang potensi bencana ini tentu membantu kami sebagai masyarakat untuk lebih waspada terhadap cuaca.

Namun, satu hal yang ingin saya tanyakan mengapa belakangan ini sering terjadi gempa. Bahkan, getarannya ada yang terasa sangat keras. Mohon informasi apakah potensi gempa bumi di Bali juga tergolong tinggi? Mohon hal ini diinformasikan ke pada publik agar kesadaran terhadap potensi ancaman gempa bumi terbangun.

Hal lainnya, semoga pemerintah juga lebih tanggap tentang hal ini. Mitigasi bencana hendaknya lebih sering diumumkan dan dilakukan edukasi kepada publik. Hal mendasar yang mungkin paling sederhana bisa dilakukan adalah menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Baca juga:  Nyepi, Pasebaya Agung Tetap Siaga

Selain prasarana yang juga perlu dialokasikan anggaran kebencanaan. Saya sempat membaca di Harian Bali Post kalau dana-dana pengobatan saat bencana Gunung Agung yang lalu juga sangat lambat pencairan dananya. Apakah sekarang sudah cair atau belum saya juga tidak tahu persis.

Yang jelas untuk penanganan kebencanaan dan mitigasi kebencanaan hendaknya dilakukan lebih profesional. Gerakan tanggap bencana juga harus dibangun di masyarakat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hendaknya terus melakukan langkah-langkah yang mengedukasi masyarakat tanggap bencana.

I Putu Sudarama

Denpasar, Bali

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.