Bupati Suwirta saat mensosialisasikan proses kerja TOSS Center. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mendampingi Kunjungan Lapangan tim Green Infrastructure Initiative (GII) ke TOSS Center bertempat di Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Rabu (17/11). Bupati Suwirta menyampaikan Inovasi TOSS Gema Santi tidak hanya digunakan sebagai penanganan sampah saja, melainkan melalui hasil olahan sampah dari inovasi TOSS Gema Santi juga dapat membantu masyarakat dalam menyediakan pupuk organik dan bibit tanaman serta dapat digunakan untuk bahan bakar memasak.

Bupati Suwirta menambahkan dalam menangani Penanganan Sampah di Kabupaten Klungkung, Bupati Suwirta juga menciptakan inovasi 100% TOSS Desa. Bupati Suwirta juga merubah penggunaan Dana Alokasi Desa agar dipergunakan untuk menangani kemiskinan dan permasalahan sampah di Desa masing-masing. Lebih lanjut, Bupati Suwirta menyampaikan sebagian besar alat pendukung yang terdapat di Toss Center Gema Santi berasal dari CSR bantuan pihak Swasta.

Baca juga:  Menteri LHK Puji Pengolahan Sampah di Denpasar

Prof. Ir. J.W. Saputro, M.Sc, M.BA, Ph.D selaku Ketua Rombongan menyampaikan tujuan kunjungan ke TOSS Gema Santi adalah dalam rangka persiapan program Green Infrastructure Initiative (GII) / Prakarsa Infrastruktur Hijau yang merupakan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Jerman. Provinsi Bali menjadi salah satu Provinsi yang ikut terlibat didalamnya.

Salah satu sektor yang menjadi fokus adalah sektor penanganan sampah. “Kami ingin belajar dan melihat secara langsung penanganan sampah yang sudah dilakukan di Kabupaten Klungkung,” ujarnya.

Baca juga:  Disebabkan Dua Faktor Ini, Pengerjaan 1.000 Tangga Bahagia yang Hampir Rampung Berhenti Sementara

“Penanganan sampah di Kabupaten Klungkung sangat mengesankan, karena komitmen Kepala Daerah beserta jajarannya dalam menangani masalah sampah terlihat jelas dari memanfaatkan sumber daya yang dimiliki dan kesungguhan hati dan bentuk keseriusan, sehingga saya pikir ini sangat baik untuk bisa dicontoh di tempat-tempat lain di Indonesia,” imbuhnya.

Lebih lanjut, J.W. Saputro menyampaikan TOSS Gema Santi merupakan inovasi yang sangat inspirasional, suatu inovasi yang dapat dicontoh.

Baca juga:  Lagi-lagi Dikeluhkan! Tempat Penimbunan Sampah di Perbatasan Legian-Denpasar

Turut hadir dalam kegiatan kunjungan tersebut Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) Direktur Kehutanan dan Konservasi Sumber Daya Air Dr. Nur Hygiawati Rahayu, ST, MSc, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan I Ketut Suadnyana, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Klungkung Anak Agung Gede Lesmana, dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung Anak Agung Gede Putra Wedana serta undangan terkait lainnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN