MANGUPURA, BALIPOST.com – Sumber daya manusia (SDM) tetap menjadi salah satu fokus penting dalam meningkatkan kualitas pariwisata. Kondisi ini mengemuka dalam 1st Annual Hottelier Summit Indonesia 2019 yang digelar Global Hospitality Expert (GHE) dan juga perayaan HUT ke-2 GHE di H Sovereign Bali, Sabtu (13/7).

President Director Global Hospitality Expert (GHE), Agus Yoga Iswara, BBA, BBM, MM, CHA mengutarakan penguatan sisi SDM dilakukan lewat seminar dari kalangan hotelier. Sekitar 270 hotelier hadir dan saling sharing ilmu untuk meningkatkan kualitas SDM.

Konteksnya jelas, dalam hotelier summit itu, dihadirkan 18 expert speaker dari beberapa keahlian. Seperti masalah room division, Food and Beverages, management, serta lainnya.

Yoga mengatakan sesuai tema yang diambil yakni “Leveraging Local Talent for World Class Hotelier” diharapkan sumber daya manusia lokal di Bali dan Indonesia benar-benar mampu untuk menjadi salah satu barometer insan pariwisata yang ahli berkelas internasional dan menjadi tuan di negerinya sendiri. Ia menjelaskan dewasa ini perkembangan pariwisata dunia diliputi fenomena yang dramatis dari sisi internal dan eksternal. “Kita melihat bagaimana alam-budaya-seni sebagai keunggulan destinasi saat ini dihadapkan pada ancaman degradasi dalam berbagai hal seperti kualitas sumber daya alam, perubahan gaya hidup masyarakat serta pengaruh digitalisasi di bidang informasi dan teknologi. Ini perlu disikapi dengan cara pandang yang holistik dan visioner bahwa industri ini perlu penyelamatan yang nyata dan konsisten,” ungkapnya.

Baca juga:  “Super Deduction Tax” untuk Pengembangan SDM

Puncak acara kegiatan ini diisi dengan penganugerahan apresiasi kepada para insan pariwisata yang terpilih berdasarkan kontribusi dan pemikiran cerdasnya dalam memajukan pariwisata di Bali dan Indonesia. Di samping itu diserahkan juga penghargaan sepanjang masa (Lifetime Achievement) kepada tokoh budaya Bali yang telah menciptakan pondasi pariwisata Bali yang berbasis budaya dan menjadi taksu pariwisata Bali.

Jumlah penerima “Global Hospitality Award 2019” mencapai 13 orang. Global Hospitality Expert juga akan memberikan penghargaan (Appreciation Certificate) kepada para ketua asosiasi kepariwisataan di Bali yang telah berjasa dan berkontribusi dalam memimpin asosiasinya serta berperan aktif dalam pembangunan kepariwisataan. Penghargaan akan diserahkan kepada 24 ketua asosiasi baik usaha, pemilik, profesi, pendidikan, pelatihan serta lembaga pariwisata dan perhotelan di Bali. (Palgunadi/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.