Personel pengaman VVIP Kodam IX/Udayana dilatih melakukan pertempuran jarak dekat. (BP/ist)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pengaman VVIP Kodam IX/Udayana dilatih melakukan pertempuran jarak dekat, Rabu (10/7). Personel dilatih meloloskan tamu VVIP dalam ruangan. Diskenariokan penyelamatan VVIP di darat oleh Satgas dari Satuan Yonif Raider 900/SBW, Yonif Mekanis 741/GN dan Denkav 4/SP. Latihan dilaksanakan di Mako Detasemen Kavaleri 4/Simha Pasopati, Tuban, Kabupaten Badung.

Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G. dalam siaran persnya, Kamis (11/7), menyampaikan, skenario telah disiapkan penyelenggara dan seluruh pelatih yang terlibat dalam latihan pengamanan VVIP. Materi yang diberikan meliputi pembekalan sebagai Danpamplek, operasional dan mekanisme pengamanan VVIP serta pengamanan tempat acara (instalasi).

“Khusus materi pengamatan dan penyelamatan atau Mattan yang dilaksanakan di Denkav 4/SP yaitu melatih keterampilan bagaimana melaksanakan pelolosan tamu VVIP dalam ruangan serta pertempuran jarak dekat,” ujarnya.

Baca juga:  Syukuran HUT Kowad

Secara khusus, kata Kapendam, kondisi ini adalah pertempuran kecil di sebuah tempat yang penuh sudut. Misalnya di dalam rumah, gedung atau pesawat terbang. Pertempuran semacam ini biasanya hanya membutuhkan sedikit personel dengan persenjataan yang juga tidak bersifat merusak, seperti pistol, pistol mitraliur, granat asap, pisau, atau pedang.

“Pertempuran ini memiliki fundamentalnya sendiri. Tidak asal-asalan seperti main petak umpet. Apalagi musuh bisa saja datang dari sudut-sudut ruangan yang tak terduga. Oleh karena itu, personel harus siap melakukan pertarungan secara sigap,” tegas Kolonel Jonny. (Ngurah Kertanegara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.