NEGARA, BALIPOST.com – Cuaca ekstrem yang belakangan ini terjadi menyebabkan penyeberangan di Selat Bali perlu meningkatkan kewaspadaan. Untuk menjaga keselamatan pelayaran, Basarnas juga terus melakukan pengawasan.

Basarnas menurunkan sejumlah kapal untuk terus memantau setiap pergerakan kapal yang hilir mudik di Selat Bali selama musim mudik Lebaran. Pengawasan terhadap kapal-kapal itu dilakukan karena cuaca di selat Bali sulit diprediksi.

Tim Basarnas Sabtu (8/6) melakukan patroli di Selat Bali. Kepala Pos SAR Jembrana, Komang Sudiarsa, mengatakan pihaknya selain terus berkoordimasi dengan BMKG untuk mengetahui perubahan cuaca, juga terus melakukan patroli guna memantau pelayaran kapal-kapal di Selat Bali. Kapal Basarnas berukuran besar disiagakan di Pelabuhan Ketapang.

Baca juga:  Dua Orang Diduga Pelaku Bacok di Renon Diamankan

Arif Yudianto, Kapten Kapal SAR Arjuna mengatakan pihaknya mulai 31 Mei sudah siaga untuk melakukan pemantauan arus mudik dan arus balik. Meski terkadang cuaca kurang bersahabat, yakni angin kencang dan gelombang tinggi, sampai saat ini belum menganggu pelayaran kapal yang melayani penyeberangan. Pihaknya juga terus melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan instansi terkait. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.