DENPASAR, BALIPOST.com – Regional Student Company Competition (RSCC) yang digelar Citi Foundation dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI), kembali digelar tahun ini. Dalam tahap final regional yang digelar di Denpasar, Minggu (12/5), perusahaan siswa SMAN 2 Denpasar, Emi SC berhasil mewakili Bali di kompetisi nasional (Indonesia Student Company Competition) yang rencananya diselenggarakan pada Agustus 2019.

Para juri yang terdiri dari pelaku usaha di Bali, yakni Windu Segara Senet dan Winnie Kaori, serta dari PJI, yaitu Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia Robert Gardiner, mengapresiasi kreatifitas dan inovasi para siswa yang mampu menciptakan produk bernilai jual dan tinggi manfaat. Perwakilan SMAN 2 Denpasar dengan produk jaket yang bisa difungsikan sebagai tas dan bantal traveling itu, berhasil meraih nilai terbaik dari sisi inovasi dan kreativitas.

Menurut Robert Gardiner, terdapat ratusan siswa dari lima SMA dan SMK di Denpasar bersaing menunjukkan keterampilan mengelola usaha mikro berbasis sosial dalam kegiatan ini. Dalam kompetisi kewirausahaan ini, para pelajar memaparkan konsep bisnis yang dikembangkan serta memamerkan produk yang dihasilkan sebagai solusi atas sebuah permasalahan sosial. Kelima sekolah tersebut, adalah SMAN 2 Denpasar, SMAN 4 Denpasar, SMKN 3 Denpasar, SMK Bintang Persada, dan SMK Pariwisata Harapan.

Baca juga:  Tim Juara Askot Ujung Tombak Wakil Perseden

Ia mengungkapkan selama lima tahun kemitraan, PJI dengan Citibank telah sukses memberikan manfaat melalui edukasi kewirausahaan kepada lebih dari 46.000 siswa-siswi dari 137 SMA dan SMK di Indonesia. Gagasan inovatif yang mendasari bisnis mereka menunjukkan potensi luar biasa yang dimiliki oleh generasi muda Indonesia.

Melalui inisiatif ini, PJI dan Citibank berupaya membuka jalan bagi para pelajar untuk mengeksplorasi dan mengoptimalkan kemampuan berwirausaha. “Sekaligus menanamkan nilai pentingnya membangun sebuah bisnis yang bertanggung jawab dan berkelanjutan,” ungkapnya.

Baca juga:  Generasi Muda Dilatih Kelola Bisnis Berorientasi Lingkungan

Kegiatan ini merupakan bagian dari program edukasi ‘Youth Sociopreneurship Initiative’ yang didukung pendanaan dari Citi Foundation. Melalui program ini, para pelajar dibina untuk mendirikan dan mengoperasikan sebuah perusahaan (SC-Student Company) di sekolah.

Hal ini termasuk menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, melakukan penjualan produk, hingga likuidasi perusahaan. Selama periode program, para pelajar juga akan mendapatkan pendampingan bisnis secara intensif dari mentor PJI dan karyawan Citibank yang tergabung dalam Citi Volunteers.

Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki mengungkapkan generasi muda perlu diberikan wadah untuk mengasah minat berwirausaha, mengembangkan kreativitas yang dimiliki, sekaligus melatih kepekaan menangkap peluang dari sebuah isu sosial. Dalam program ini, para pelajar berkesempatan untuk mengalami secara langsung bagaimana mengoperasikan sebuah bisnis.

Melalui pembelajaran praktis, mereka dapat memahami tantangan serta risiko bisnis secara konkret. Kondisi demikian akan memperkaya wawasan para pelajar dalam mengembangkan strategi bisnis sekaligus menstimulasi insting dalam berwirausaha. “Ini merupakan wujud komitmen Citi Indonesia untuk memberikan kesempatan ekonomi yang lebih luas bagi generasi muda atau kami sebut youth economic opportunities serta mendukung pertumbuhan ekonomi, terutama yang diinisiasi oleh generasi muda,” sebutnya.

Baca juga:  Dari Polemik Tanah di Gilimanuk hingga Pelabuhan Serangan Jadi Kawasan Pelayaran Pariwisata

Adelia Putri Adnyana, pelajar SMAN 2 Denpasar yang menjadi President Director Emi SC menjelaskan bahwa dirinya memiliki wawasan baru mengenai wirausaha dari program Student Company. “Membuat bisnis yang menguntungkan sudah biasa, tetapi yang bisa menghasilkan profit sekaligus bermanfaat itu luar biasa. Selain produk yang menjawab permasalahan, kami juga memiliki kegiatan corporate social responsibility sebagai bentuk keseimbangan antara keuntungan yang diraih dengan kontribusi sosial yang diberikan. Terima kasih PJI dan Citibank atas pengalaman dan motivasi yang diberikan,” katanya. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *