Pemilu sudah lewat hampir sepekan. Namun, hingga kini baru presiden yang hampir pasti berdasarkan hitungan cepat. Sejumlah nama DPR-RI, DPRD yang lolos juga telah disuarakan media massa. Namun, saya tetap meragukan kebenarannya sebelum diberitakan oleh koran-koran yang saya yakini validitasnya.

Untuk itulah, saya berharap mohon diberikan gambaran siapa kira-kira yang akan mewakili Bali di luar partai politik. Mengingat yang saya tahu banyak nama populer bersaing di jalur ini. Mudah-mudahan, saya tak harus menunggu sampai 22 Mei untuk tahu siapa calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang akan mewakili Bali.

Satu hal yang saya harapkan dari para DPD ini adalah berperan lebih aktif menyuarakan Bali. Kini, ketika banyak terobosan yang digulirkan Gubernur Bali Wayan Koster, saya berharap DPD ikut mendukungnya. Terutama soal penguatan desa adat. Nantinya, DPD yang terpilih saya harapkan ikut menguatkan perjuangan Bali agar desa adat mendapat anggaran khusus. Tanggung jawab moral mewakili Bali ke Senayan ini hendaknya juga disampaikan ke publik. Jangan hanya diam dan menghabiskan masa jabatan tanpa ada catatan khusus yang bisa diingat bagi Bali.

Baca juga:  Makelar Suara dalam Pileg

Selain itu, saya mohon DPR-RI asal Bali yang kini didominasi PDI Perjuangan juga berbuat lebih jelas dalam mengawal Bali. Kepercayaan rakyat Bali kepada PDI Perjuangan ini jangan disalahgunakan. Hendaknya ada hasil jelas dan bisa dinikmati Bali selama lima tahun ke depan. Terakhir, saya juga menyampaikan selamat bagi para calon legislatif yang terpilih.

Ni Putu Purnaminingsih

Gianyar, Bali

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.