Pemilu telah lewat. Namun semua pihak hendaknya menunggu hasil final yang akan ditetapkan KPU tanggal 22 Mei mendatang. Selama proses penghitungan suara ini semua elemen bangsa hendaknya menjaga stabilitas bangsa dan memberikan ruang kepada masyarakat untuk melakukan aktivitas non-politik.

Selama ini hampir delapan bulan rakyat sudah ikut mendukung dan mengikuti proses politik dengan segala dinamikanya. Untuk itulah kini giliran politisi memberikan perhatian kepada masyarakat untuk bisa bekerja secara aman, nyaman, dan tentunya dengan stabilitas yang terjaga.

Saya sebagai seorang pedagang tentu sangat berharap negara ini jangan tersandera lagi oleh kepentingan politik yang hanya berdasarkan kepentingan kekuasaan. Semua calon harus realistis menerima pilihan politik rakyat. Saya tak ingin setelah pencoblosan rakyat juga menjadi tersandera kegiatan-kegiatan politik yang sifatnya memprovokasi massa. Mari kembali bersatu dan jaga stablitas bangsa ini.

Baca juga:  Bolehkah Pemilih Diwakilkan?

Kepada para caleg yang belum berhasil mari dukung wakil rakyat yang terpilih. Di antara mereka tentu ada teman, saudara dan kader partai yang sama dengan para calon yang tersisih. Saya yakin, ke depan jika investasi sosial dan kredibilitas baik, rakyat tetap akan memberikan ruang untuk mencalonkan kembali sebagai wakil rakyatnya. Namun, introspeksi diri tetap penting dilakukan. Jangan maju hanya berdasarkan ambisi tanpa melakukan perhitungan secara cermat.

I Gede Sumaputra

Denpasar, Bali 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.