NEGARA, BALIPOST.com – Menjelang Ujian Nasional jenjang SMP yang dimulai Senin (22/4) hari ini, belasan SMP Negeri menggelar secara mandiri berbasis komputer (UNBK). Berdasarkan informasi di Dinas Pendidikan dan Kepemudaan Olahraga (Dikpora) Jembrana, dari total 25 SMP baik negeri maupun swasta, 13 diantaranya melaksanakan UNBK secara mandiri.

Sisanya 12 SMP menggelar UNBK menumpang ke sekolah lain yang memiliki komputer lebih.

Ke- 13 SMP yang siap menggelar UNBK secara mandiri itu di antaranya 11 SMP Negeri dan 2 SMP swasta. Dua SMP belum lama ini baru menerima bantuan 142 unit komputer dari Dinas Dikpora yakni SMP Negeri 5 Negara, SMP N 5 Mendoyo dan SMP Negeri 3 Melaya. Dari total 25 SMP itu, 12 SMP yang belum bisa melaksanakan mandiri adalah 7 SMP Negeri dan 5 SMP Swasta. Tujuh SMP Negeri itu di antaranya SMPN 3 Negara yang rencananya ke SMK PGRI Negara, SMPN 5 Melaya ke SMKN 4 Negara, SMPN 4 Negara ke SMAN 1 Negara, SMPN 5 Negara ke SMAN 1 Negara, SMPN 1 Mendoyo ke SMKN 3 Negara, SMPN 5 Mendoyo ke SMAN 2 Mendoyo, dan SMPN 1 Pekutatan ke SMAN 1 Pekutatan. Sedangkan SMP Swasta yang belum SMPK 3 Harapan Melaya, SMP Warna Murni Melaya, SMP Nasional Melaya (ke SMKN 4 Negara). SMP Nasional Berangbang dan SMP Nasional Negara (ke SMP Swastika Karya Negara)

Baca juga:  SMPN 2 Tabanan Tiap Tahun Berebut Ruangan SD Untuk Pelaksanaan UN

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) pada Dinas Dikpora Jembrana, I Nyoman Wenten, Minggu (21/4) mengatakan secara umum seluruh SMP dan MTs sudah siap melakukan UNBK. Walaupun beberapa di antaranya masih menumpang atau sharing ke sekolah lain yang memiliki perangkat memadai. “Untuk tahun ini pastinya seluruh SMP di Jembrana melaksanakan UNBK,” terang Wenten mewakili Kepala Dinas Dikpora, Ni Nengah Wartini.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, belum semua SMP menggelar UNBK. Di 2018, hanya ada 5 SMP yang bisa melaksanakan UNBK.

Tahun ini jauh meningkat, bahkan 52 persen SMP di Jembrana menggelar UNBK secara mandiri. Dinas menurutnya memberikan secara bertahap bantuan komputer ke SMP. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.