SEMARAPURA, BALIPOST.com – KPU Klungkung terus memperbaharui data hasil penghitungan suaranya pada setiap TPS, Rabu (17/4), khususnya data pilpres yang dihitung KPPS paling awal. Dari empat kecamatan di Klungkung, Kecamatan Nusa Penida sudah merampungkan hasil penghitungan surat suara pilpres.

Hasil sementara, Jokowi-Ma’ruf Amin unggul jauh dari pesaingnya Prabowo-Sandi. Padahal kader Gerindra menduduki jabatan strategis sebagai bupati dan ketua dewan.

Setelah data dari 190 TPS se-Kecamatan Nusa Penida masuk ke KPU Klungkung, memperlihatkan Jokowi-Ma’ruf Amin unggul dengan perolehan 11.350 suara. Sedangkan Prabowo-Sandi hanya memperoleh 1.316 suara. Dari total DPT di Kecamatan Nusa Penida sebesar 46.053, total data keseluruhan yang menggunakan hak memilihnya hanya 12.946.

Di antaranya suara sah sebanyak 12.666 dan suara tidak sah sebanyak 280. Ini memperlihatkan partisipasi masyarakat setempat yang amat rendah. Hingga berita ini ditulis, data hasil pilpres pada tiga kecamatan lain, belum rampung. “Untuk kecamatan lain (Klungkung, Banjarangkan dan Dawan), datanya belum masuk semua,” kata salah satu Komisioner KPU Klungkung, Sang Ayu Mudiasih.

Baca juga:  Nusa Penida, Pusat peringatan Coral Triangle Day

Ketua DPC Partai Gerindra Klungkung, Wayan Baru, Rabu (17/4), mengakui perolehan suara untuk Prabowo-Sandi, khususnya di Kecamatan Nusa Penida, di luar dugaan amat rendah. Dia enggan menjelaskan lebih jauh, kenapa capaian Nusa Penida yang notabene wilayah basis, justru perolahan suaranya amat berbeda jauh.

Disinggung mengenai hasil di TPS tempatnya mencoblos, tepatnya di TPS O7 Desa Sakti, Prabowo-Sandi dikatakan unggul dengan perolehan suara 209. Sementara Jokowi-Ma’ruf Amin hanya 42.

Sebelumnya Wayan Baru, cukup optimis Prabowo-Sandi bisa kompetitif bersaing dengan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam pilpres. Saat itu, Baru menilai Prabowo-Sandi punya pemilih fanatis tersendiri di Klungkung, meski mengakui popularitas Jokowi-Ma’ruf Amin.

Dia sempat yakin, Prabowo-Sandi masih mampu bersaing untuk menang. Sebagai pimpinan partai, dia mengaku harus menjalankan seluruh instruksi partai untuk memenangkan Prabowo-Sandi.

Sehingga, seluruh potensi suara sekecil apapun digarap maksimal oleh timnya. Namun, hasil satu kecamatan ini, di luar dugaan, kalau melihat Klungkung sebagai basis Gerindra. (Bagiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.