MANGUPURA, BALIPOST.com – Waktu belum menunjukkan pukul 07.00 Wita, warga sudah antri untuk menggunakan hak pilihnya. Kondisi ini terlihat di TPS-TPS yang ada di Badung.

Mereka rela antri untuk memilih presiden-wakil presiden dan wakil rakyat yang duduk di DPD dan DPR, DPRD Bali, DPRD Badung. Meski pukul 07.30 Wita, TPS belum juga mulai melakukan pemanggilan warga yang akan mencoblos, mereka tetap sabar.

Salah satu pemilih, Ayu Agustini mengatakan sudah ke TPS sekitar pukul 06.30 Wita. Ia mengira dengan datang pagi, kondisinya akan sepi. Namun, tak sesuai dugaannya, antrian warga yang menggunakan hak pilih sudah banyak.

Hal sama juga diakui I Gusti Ayu Astiti. Ia mengatakan sengaja datang pagi karena mengira warga tidak begitu banyak antri di TPS. Ternyata, TPS belum dibuka, warga sudah berjubel antri untuk mencoblos.

Baca juga:  Seluruh Peserta Pemilu 2019 Serahkan Laporan Dana Kampanye

Dalam Pemilu serentak kali ini, pemilih akan memperoleh lima kartu suara, yakni pemilihan presiden, DPD, DPR RI, DPRD I, dan DPRD II. Dari 5 kartu suara itu, 2 berisi foto calon, yakni capres dan DPD. Sedangkan DPR RI, DPRD I, dan DPRD II, tidak berisi foto hanya nama parpol, nomor urut dan nama calon.

Sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan, proses memilih berlangsung mulai pukul 07.00 Wita hingga 13.00 Wita. Namun, pukul 13.00 Wita bukan jadwal penutupan TPS. Jika masih ada warga antri dan belum mendapatkan giliran, proses penyaluran aspirasi tetap dilakukan hingga semua warga yang antri menggunakan haknya. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.