TABANAN, BALIPOST.com – Gerakan menuju masyarakat sehat dan tetap konsisten mengawal budayanya kini menjadi agenda strategis nasional. Edukasi menuju masyarakat dilakukan dengan berbagai program dan dilakukan secara bersinergi melibatkan semua elemen.

Gerakan ini direspon positif banyak pihak dengan melakukan berbagai pendekatan produk ramah lingkungan. Kini, dalam bidang kesehatan  produk-produk ramah lingkungan juga sedang dikembangkan.

Terobosan dan pendekatan teknologi dalam hal ini mestinya disikapi secara arif dan didukung regulasi yang jelas. Artinya, sepanjang produsen mampu menyediakan produk alternatif dan ramah lingkungan tentu produk-produk olahan tembakau alternatif semacam ini bisa disediakan ruang dan dipayungi secara regulasi. Solusi haruslah dicari dan diwujudkan.

Melihat animo dan respon pasar terhadap penggunaan produk tembakau alternatif yang lebih ramah lingkungan, misalnya, maka hal ini diharapkan menjadi solusi atau alternatif untuk berhenti merokok konvensional secara bertahap. Merespon hal ini, Bupati Tabanan  Ni Putu Eka Wiryastuti siap mendukung riset dan pengembangan dalam mengurangi risiko serta dampak bahaya kesehatan dari rokok.

Apalagi, saat ini, sudah muncul beberapa produk tembakau alternatif seperti rokok elektrik dan produk tembakau yang dipanaskan. “Semua kembali kepada masyarakat saja, sepanjang itu bisa lebih sehat tidak masalah. Pasti akan kita dukung,” kata politikus PDI Perjuangan ini, Jumat (12/4).
Tak hanya pada riset dan pengembangan, Bupati Eka juga akan mendorong pertumbuhan bisnis Industri Kecil Menengah (IKM) produk tembakau alternatif di Kabupaten Tabanan. Sejalan dengan itu, pihaknya juga masih harus mengkaji potensi pasar produk tersebut. “Boleh saja dan tentunya bisa menjadi pilihan usaha,” pungkasnya.

Baca juga:  Seni Pantomin Cocok Untuk Pengembangan Otak Kanan

Sebelumnya, pemerintah mengatakan akan menyiapkan regulasi baru tentang produk Industri Hasil Tembakau (IHT) tersebut dalam menyambut era industri 4.0. Salah satu yang akan dikembangkan adalah produk tembakau alternatif.

Ni Putu Eka Wiryastuti pun mengatakan mengaku mendukung adanya inoivasi dan pendekatan industri yang ramah lingkungan. “Saya siap mendukung apapun program pemerintah yang bertujuan mengurangi resiko kesehatan. Apalagi belakangan ini gencar ada pembicaraan mengenai produk tembakau alternatif seperti rokok elektrik. Tentu semua kembali kepada masyarakat, sepanjang itu bisa lebih sehat tidak masalah pasti akan kita dukung,” ucapnya.

Bupati Eka yang dikenal merakyat ini mengatakan jika inovasi teknologi tembakau alternatif ini belakangan ini sudah banyak dinikmati publik. Penggemar rokok banyak yang beralih ke penggunaan rokok dengan pendekatan teknologi. “Prinsipnya sepanjang itu diterima oleh pasar dan  produsen mampu merespon pasar dengan  produk termbakau alternatif,” jelasnya.

Ia juga mengatakan produk alternatif  juga berpotensi dikembangkan Industri Kecil Menengah (IKM), khususnya di Kabupaten Tabanan. Bupati Eka menegaskan hal itu tergantung pangsa pasar.

Namun sepanjang pengembangannya positif, tentu saja dirinya akan mendukung peyiapan regulasinya. “Regulasi atas sebuah produk memang harus disiapkan. Ini akan mendukung legalitas produksi dan pasarnya,” jelasnya. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.