BALIKPAPAN, BALIPOST.com – Sepekan menjelang pelaksanaan Pemilu serentak 2019, Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh berpesan agar elit bangsa bisa bersaing positif. Ia menilai tidak ada gunanya menggelar Pemilu jika hanya menimbulkan pertikaian.

Surya mengatakan hal ini saat melakukan kampanye akbar di Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Mari kita bersama-sama membangun persaingan yang sehat maju bertanding dengan sportif menghargai hasil pertandingan,” ujar Surya di hadapan ribuan kader dan simpatisan NasDem yang memenuhi Dome Balikpapan Sport and Convention Center, Rabu (10/4).

Surya melanjutkan, tidak ada gunanya Indonesia mengadakan Pemilu jika hanya menimbulkan pertikaian dan sikap saling benci satu sama lain. Perbedaan pilihan dalam Pemilu merupakan hal wajar yang harus saling dihormati.

“Untuk apa bertanding bila diawali dengan pikiran saling benci yang mengancam kesatuan. NasDem ingin mengajak kesadaran bersama berkompetisi bisa saling menghargai pihak yang menang dan kalah,” tuturnya.

Surya juga mengingatkan agar tidak perlu ada lagi elit bangsa yang melakukan provokasi negatif dengan tujuan mengejar ambisi kemenangan dalam Pemilu. Ia juga meminta semua pihak untuk bersama-sama menghormati keberadaan penyelenggara Pemilu dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Baca juga:  NasDem Kunci Satu Kursi DPRD Denpasar Dapil Denut

“Hentikan provokasi delegitimasi pada penyelenggara Pemilu. Provokasi tersebut merusak dan tidak membangkitkan semangat kita sebagai bangsa yang besar,” pungkasnya.

NasDem juga mengajak semu elite bangsa untuk mampu menjaga perkataan dengan perbuatan. Sama-sama terlibat menjaga kerukunan dan keberagaman sebagai anugerah terbesar yang telah diwarisi oleh para pendiri bangsa.

“Jangan menghasut dan coba-coba menganggu ketentrama kita sebagai satu bangsa yang telah diperjuangkan oleh para pejuang. Tugas kita ialah menjaga dan merawat kebhinekaan,” ungkapnya.

Di Provinsi Kaltim, NasDem menargetkan memperoleh minimal 7 kursi DPRD Kabupaten Kota, 3 kursi DPRD Provinsi, dan 2 kursi DPR-RI.

Sebelum menutup safari kampanye tahap keduanya di Balikpapan, Surya Paloh telah menyinggahi tiga provinsi yakni Sumatera Utara, Jawa Timur dan Bali.

Sementara pada safari kampanye tahap pertama, Surya Paloh menyambangi seluruh provinsi di Sulawesi mulai dari Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tenggara. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.