DENPASAR, BALIPOST.com – Omed-omedan atau med-medan dapat diartikan tarik menarik, dimana tradisi inidilaksanakan setiap setahun sekali tepatnya di hari ngembak geni sehari setelah Nyepi. Tradisi ini sudah diwariskan sejak 1900an dan hanya dilaksanakan di Banjar Kaja Sesetan.

Sebagai bentuk dukungan dan komitmen terhadap tradisi budaya Bali, Astra Motor Bali (AMB) selaku Main Dealer Resmi sepeda Motor Honda wilayah Bali, kembali berpartisipasi melalui Corporate Social Responsility (CSR) Honda Untuk Bali dalam festival omed-omedan sebagairangkaian perayaan Hari Nyepi Caka 1941, yang dilaksanakan oleh Sekaa Teruna Satya Dharma Kerti Banjar Kaja Sesetan pada Jumat (8/3). Bentuk dukungan yang dipersembahkan Honda dalam festival ini, berupa support seragampemuda pemudi, membuka booth Honda Mobile Cafe yang tentunya menyediakan berbagaimacam fasilitas menarik bagi pengunjung yang dapat menunjukkan kartu Semeton Honda Bali.

Baca juga:  Warga Diimbau Tak Mabuk-mabukan saat Pengerupukan

Fasilitas yang diberikan diantaranya gratis minuman dingin, snack, dan merchandise menarik yang kesemuanya itu didapatkan dengan mengunjungi booth tersebut. Tercatat 150 pengunjung yang membawa kartu semeton berbondong-bondong datang untuk mendapatkan fasilitas yang ditawarkan tersebut.

Festival Omed-omedan 2019 bertema Cakrabawa. Cakra yang selalu berputar mampumenjadi acuan pemuda Banjar Kaja untuk terus melestarikan tradisi ini secara turun temurun. Menampilkan parade seni tradisional, suasana omed-omedan ramai yang diikuti sekaa terunadari banjar lain dan komunitas seni di wilayah Sesetan dengan menyuguhkan keunikan dan keistimewaan masing-masing.

Baca juga:  HUT ke-74 RI, Honda Community Bali Gelar "Touring Persaudaraan"

Selain itu masyarakat juga dapat menikmati aneka makanan khas Bali dalam peken paiketankarma sesetan dengan total pedagang 100 stand selain makanan juga di lengkapi dengan berbagai pakaian bali, lukisan bali, dan pernak-pernik serta perlengkapan sembahyang. Support dan partisipasi seniman lokal Bali antusias mendukung festival tahunan ini diantaranya nya Joni Agung & Double T, ada juga Nanoe Biru, Bali Metal Band, Logaritmadan dihibur oleh Bondres 3G.

Menurut beberapa pengunjung, tradisi unik ini memang dinanti warga kota, termasukmasyarakat luar Bali dan wisatawan yang kebetulan lewat wilayah Sesetan.

Ketua sekaa truna Satya Dharma Kerti Br Kaja Sesetan, I Made Widya Sura Putra menyebutkan seiring dengan perkembangan zaman, tradisi ini dikemas lebih terarah karena berkaitan dengan ritual agama harapannya tradisi ini tetap lestari dan dapat menarik pariwisata.

Baca juga:  Lelang Posisi 2 Kadis Diikuti 10 Penjabat

“Bali kaya dengan budayanya, kegiatan Omed-omedan ini sangat positif karena merupakansalah satu bagian dari tradisi budaya Bali, kehadiran kami disini sebagai wujud komitmenHonda Untuk Bali mendukung budaya Bali,” ungkap Wahyudi Saputra selaku Region Head Astra Motor Bali.

Tidak kalah ramenya, pada booth pameran Honda, terlihat pengunjung begitu antusias melihat unit yang di pajang dan mencari informasi mengenai program dan promosi yang berlaku, dan tercatat 25 prospek sepeda motor.

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *