Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Dunia berkembang dari waktu ke waktu. Jika kamu tidak membekali diri dengan keterampilan mumpuni, akan kesulitan dalam mengikuti laju perkembangan tersebut. Terlebih lagi soal kebutuhan finansial untuk masa depan. Tidak dapat dimungkiri, di era modern ini, semua hal memerlukan uang.

Jika skill yang menguntungkan saja kamu tidak punya, akan sulit untuk bertahan. Kamu tidak mempunyai daya saing. Karenanya, kamu harus mengasah berbagai skill baru yang terbilang menguntungkan dari segi finansial. Ini enam skill yang dapat kamu kuasai seperti dikutip dari Swara Tunaiku.

1. Cerdik dalam Bermain Media Sosial

Dalam bisnis, gaya promosi sangat dibutuhkan agar konsumen tertarik membeli produk. Gaya promosi straightforward ketika menjual produk ke konsumen melalui media sosial ternyata sudah tidak zaman. Saat ini, kamu harus cerdik untuk memanfaatkan media sosial untuk kegiatan pemasaran. Cara ini dikenal dengan social media marketing.

Sebagai contoh, kamu bisa mengunggah tips serta informasi menarik yang memuat konten iklan. Dengan adanya info menarik terkait produk, konsumen akan mengetahui manfaat utama dan berbagai manfaat tambahan dari produk. Karenanya, pasti konsumen lebih tertarik membeli.

Skill seperti itu memang sulit dan harus dilatih. Ikuti tren agar mampu bersaing dengan yang lain. Kamu bisa lihat contohnya di Instagram karena umumnya akun Kpop sangat kreatif dalam mempromosikan produk make up, skin care, dan obat pengurus badan kepada pengikut akunnya.

2. Kemampuan Menulis

Salah satu cara untuk meningkatkan work quality adalah membuat laporan secara jelas dan berkualitas. Salah satu indikator laporan berkualitas adalah menggunakan bahasa singkat, padat, jelas, serta menarik. Itu artinya, kemampuan menulis sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Jika kamu tidak mampu menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan, bagaimana atasan, klien, atau siapapun akan memahami gagasanmu? Karenanya, kamu harus mengasah kemampuan menulis untuk masa depan finansial yang cemerlang. Mulailah dengan banyak membaca untuk memperbanyak kosakata dan merangkai kalimat dengan tata bahasa yang baik.

3. Menguasai Bahasa Asing

Mempunyai kemampuan berbahasa asing memang sudah jadi tuntutan zaman. Buktinya, anak muda modern ini harus menguasai minimal satu bahasa asing yaitu bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Untuk itu, kamu harus membekali diri dengan menguasai bahasa asing minimal satu bahasa. Jika sudah mahir, kamu dapat menambah penghasilan.

Baca juga:  Ini, 5 Tips Atur Keuangan Pascapelunasan Pinjaman

Cara untuk menguasai bahasa asing tidak harus selalu mengambil kursus yang biayanya tidak murah. Kamu bisa belajar otodidak dengan berbekal aplikasi dalam smartphone. jika konsisten dalam belajar, pasti kamu akan segera menguasainya.

4. Manajemen Waktu

Jika mampu menyelesaikan pekerjaan di kantor dengan tepat waktu, kamu dapat mengambil pekerjaan sampingan. Salah satunya adalah menjadi freelancer. Agar mampu bekerja sampingan, kamu harus memiliki manajemen waktu yang baik. Ketika di kantor, kamu harus bekerja efektif agar tak perlu lembur atau membawa pekerjaan sampai ke rumah.

Cara terbaik agar efektif dalam bekerja adalah membuat to do list harian. Sesudah membuatnya, fokuskan bekerja pada pekerjaan utama. Dengan berkomitmen pada rencana, kamu bisa pulang dengan tepat waktu dan bisa melakukan pekerjaan sampingan. Jika sudah mempunyai pekerjaan sampingan, kamu akan punya penghasilan tambahan.

5. Mempelajari DIY

Membuat barang Do It Yourself (DIY) merupakan suatu keasyikan tersendiri. Kamu dapat memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan barang yang bernilai guna. Tak hanya itu, kamu sekaligus mengasah kemampuan baru yang memang layak dibanggakan. Terlebih lagi jika hasil karyamu dapat dijual atau bernilai ekonomis.

Keahlian membuat barang DIY bisa menambah pendapatanmu. Untuk itu, tidak ada salahnya mempelajari cara membuat barang DIY. Kamu dapat mempelajari dan mengembangkan kemampuan ini dengan melihat tutorial di YouTube.

6. Komputerisasi

Jika selama ini yang kamu kuasai hanya Microsoft Word dan Excel, kini saatnya belajar lebih dalam. Kemampuan komputerisasi ternyata sangatlah penting untuk masa depan. Karenanya, kamu perlu meningkatkan kemampuanmu.

Selain membuat kegiatan kamu semakin praktis, kemampuan komputerisasi ini bisa menambah penghasilan. Sebagai contoh, kamu bisa membuka jasa pembuatan website. Kamu bisa belajar dulu mengenai tata cara coding dan SEO. Tak hanya itu, perlu juga belajar tentang Microsoft Word dan Excel lebih mendalam.

Dengan menguasai berbagai skill di atas, kamu tidak perlu cemas tentang finansial. Cobalah beberapa kemampuan tersebut agar kamu tahu apa yang bisa kamu kuasai. Mulailah dari sekarang dan semoga berhasil! (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.