Ilustrasi. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Manajemen waktu merupakan kemampuan untuk merencanakan, mengatur, dan mengelola waktu dengan baik. Jika kamu mampu melakukan ini, dijamin stres ogah mampir karena setiap kerjaan bisa terselesaikan sebelum deadline.

Berikut enam tips yang dapat kamu lakukan dalam manajemen waktu, agar tidak lagi mudah stres :

  1. Tentukan Skala Prioritas
    Menentukan skala prioritas penting untuk kamu yang memiliki pekerjaan menumpuk, tapi bingung mengerjakan yang mana. Sebaiknya kerjakan pekerjaan yang penting dan memiliki tenggat waktu dalam waktu dekat terlebih dahulu untuk menghindari kerja kebut semalam.
  2. Jangan Menunda-nunda
    Sering menunda-nunda kerjaan merupakan salah satu alasan yang membuat kamu selalu dihantui deadline. Beberapa faktor yang membuat kamu menunda kerjaan adalah terlalu menyepelekan, tenggat waktu yang jauh, dan rasa malas. Jika kamu mendapatkan pekerjaan, ada baiknya segera selesaikan pekerjaan tersebut agar kamu juga bisa beristirahat dengan tenang.
  3. Jauhkan Diri dari Gadget
    Gadget memang mudah membuat kecanduan. Bermain gadget bisa berjam-jam lamanya, sehingga bisa membuat kamu lupa dengan pekerjaanmu. Agar kamu bisa lebih fokus mengerjakan sesuatu, jauhi dirimu dari gadget sebentar saja. Jangan lupa matikan notifikasi, kecuali itu dalam keadaan darurat.
  4. Buat To Do List
    Buatlah to do list agar kegiatanmu lebih teratur dan tidak berantakan. Membuat to do list akan membuatmu mudah mengatur waktu dan mengingat apa saja yang harus kamu kerjakan. Kalau kamu malas mencatat di buku, kamu bisa mengunduh aplikasi to do list di smartphone atau di laptop.
  5. Kenali Waktu Produktif
    Setiap orang memiliki waktu produktif yang berbeda-beda, ada yang produktif di pagi hari, siang hari, atau malam hari. Setelah mengenali waktu produktifmu, kamu bisa menyusun jadwal dan bekerja sesuai waktu tersebut.
  6. Luangkan Waktu Istirahat
    Meluangkan waktu beristirahat sangat penting agar kamu tidak merasa lelah dan stres akibat pekerjaan. Jika kamu merasa lelah, istirahatlah secukupnya. Setelah itu, badanmu akan terasa lebih segar dan kamu akan lebih semangat menjalani hari.
Baca juga:  Diduga Ada Pungli Jaspel di RSD Mangusada, Dirutnya Angkat Bicara

Tips di atas dapat kamu lakukan agar pekerjaanmu berjalan lancar, sehingga kamu akan terhindar dari beban pikiran yang menimbulkan stres. (kmb/balipost)

BAGIKAN