Ilustrasi. (BP/Tomik)

DENPASAR, BALIPOST.com – Manusia adalah makhluk sosial yang dituntut untuk peka terhadap orang lain. Namun, ada saatnya kita sebagai manusia menjadi orang yang bodo amat atau tidak peduli dengan sekitar sehingga tidak mudah stres.

Sikap bodo amat diperlukan saat merasa lelah, gelisah, atau ketika rasa percaya diri berkurang. Nah, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjadi orang yang bodo amat.

1. Jangan Pikirkan Apa Kata Orang Lain

Terkadang kamu perlu sedikit egois dengan tidak mendengarkan apa yang dikatakan oleh orang lain, apalagi jika hal-hal yang dikatakan membuat suasana hati merasa buruk. Daripada memikirkan apa yang dikatakan oleh orang lain, sebaiknya kamu memikirkan apa yang ingin kamu pikirkan dan utamakan kebahagiaanmu.

Baca juga:  Aroma Ini Mampu Atasi Stres

2. Jangan Memaksakan Diri

Ada saatnya kamu merasa lelah dengan sesuatu atau tidak bisa mengikuti sesuatu. Ketika itu terjadi, sebaiknya kamu istirahat sejenak dan jangan memaksakan dirimu. Jika kamu memaksakan diri, ada kemungkinan kamu malah merasa stres dan depresi.

3. Tidak Ada Sesuatu yang Sempurna

Di dunia ini tidak ada sesuatu yang sempurna, semuanya memiliki kekurangan masing-masing. Maka dari itu, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk menjadi seseorang yang sempurna atau melakukan segala sesuatu dengan sempurna. Terkadang, jika kamu menemukan kekurangan dalam sesuatu, kamu bisa mengabaikannya atau menjadikan hal tersebut sebagai suatu pelajaran, dan jangan menyalahkan diri sendiri.

Baca juga:  Ratusan Naker Migran dari Maladewa Pulang lewat Bandara Ngurah Rai, 80 Persen Asal Bali

4. Cintai Diri Sendiri

Sebelum mencintai orang lain, cintailah diri sendiri terlebih dahulu. Sebelum membahagiakan orang lain, pastikan dirimu bahagia terlebih dahulu karena kamu juga berhak mendapatkan kebahagiaan.

len

Di era ini, media sosial bisa menjadi salah satu faktor yang membuat overthinking, gelisah, hingga merasa kurang percaya diri. Jika kamu mengalami hal tersebut saat bermain media sosial, sebaiknya berhenti atau batasi penggunaan media sosial.

Baca juga:  Ini, Lima Penyebab Kambuhnya Maag

Bersikap bodo amat bukan berarti kamu menjadi orang yang egois. Kamu harus bisa dan tahu kapan saatnya kamu bersikap bodo amat. (kmb/balipost)

BAGIKAN