AMLAPURA, BALIPOST.com – Pascadikeluhkan pemedek karena mengeluarkan bau tak sedap yang menggangu pemedek saat melakukan persembahyangan, tumpukan sampah di Pura Dalem Puri Besakih, Rendang, Karangasem serangkaian Usaba mulai dibersihkan pada Jumat (11/1). Pengangkutan sampai itu dilakukan, untuk memberikan kenyamanan kepada pemedek yang datang untuk melakukan persembahyangan.

Bendesa Adat Besakih Jro Mangku Widiartha, Jumat (11/1) mengungkapkan, kalau pengangkutan sampah itu dilakukan oleh petugas gabungan, yakni petugas dari Dinas PUPR kecamatan, petugas Camat Rendang, petugas kebersihan Pura Agung Besakih dan pengayah di Pura Dalem Puri. “Pengangkutan sampah ini mulai dilakukan sejak pukul 06.00 Wita. Ada puluhan petugas yang mengangkut sampah tersebut. Karena sampah cukup banyak. Untuk sampah di sudut-sudut tertentu yang menumpuk diangkut lebih dulu sehingga tidak menggangu pemedek yang hendak sembahyang,” ujarnya.

Baca juga:  Proyek Penataan Rampung, TPS "Underground" akan Diuji Coba

Widiartha mengatakan pembersihan ini dilakukan supaya pemedek yang tangkil tidak terganggu dengan tumpukan sampah. Terlebih sampah yang tidak diangkut beberapa hari sudah mengeluarkan bau tak sedap. “Sampah langsung dibawa menuju ke TPA di Batusesa. Di sana sampah akan dipilah-pilah antara sampah plastik dan sambah organik bekas sarana upacara,” ujarnya. (Eka Parananda/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.