Rekayasa lalin untuk pengguna jalan karena adanya ribuan pemedek yang akan melasti ke Pantai Amed, Jumat (11/1). (BP/istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Ribuan pemedek bakal mengikuti upaca melasti ke Pantai Amed, Abang, Karangasem, Jumat (11/1) serangakain upacara Karya Agung Panca Wali Krama di Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur di Desa Adat Purwayu. Untuk kelancaran upacara tersebut, Satlantas Polres Karangasem mengalihkan arus lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Karangasem AKP NI Luh Putu Anne Parwisti, Kamis (10/1) mengungkapkan, terkait adanya upacara melasti ke Pantai Amed, Abang, Karangasem serangakain upacara segara kertih serangkaian Karya Agung Panca Wali Krama di Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur di Desa Adat Purwayu, pihaknya melalukan rekayasa lalin yang dapat dilalu penguna jalan sesuai jalur alternatif yang telah disiapkan. “Peralihan arus lalin akan dimulai pukul 06.00 Wita sampai pukul 18.00 Wita,”ujarnya.

Anne Parwisti menambahkan, masyarakat dari arah Singaraja/Kubu yang akan menuju arah Amlapura diimbau melalui jalur Simpang Tiga Batang – Kesimpar – Simpang Empat Abang. Sedangkan masyarakat dari arah Amlapura yang akan menuju arah Singaraja/Kubu agar melalui jalur Simpang Empat Abang – Kesimpar – Simpang Tiga Batang.

Baca juga:  Pengungsi Harusnya Berjumlah 70 Ribuan, Kenyataannya Capai 150.109 Jiwa

Sementara itu, untuk wisatawan mancanegara maupun masyarakat yang berada di sekitar Pantai Amed yang akan menuju Amlapura/Denpasar agar melalui jalur Amed – Bunutan – Seraya – Ujung atau berangkat sebelum jam 07.00 Wita. Bisa juga setelah selesai kegiatan Melasti. “Khusus Truk Pengangkut barang, Galian C, BBM/LPG agar tidak melewati jalur nasional selama prosesi melasti berlangsung atau menunggu hingga seluruh rombongan melasti memasuki Pantai Amed,” sebutnya.

Ia mengimbau bagi guide dan pemilik penginapan di kawasan Amed untuk menginformasikan hal ini pada tamu mereka sehingga bisa check out lebih awal sebelum 06.00 Wita atau menggunakan jalur Amed-Bunutan-Seraya-Ujung-Amlapura menuju Bandara jika akan kembali ke negaranya pada Jumat. (Eka Parananda/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.