Sejumlah pemedek saat tangkil melakukan persembahyangan ke Pura Dalem Puri Besakih. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Puncak Karya usaba di Pura Dalem Puri, Desa Besakih, Rendang, Karangasem, diselenggarakan Selasa (8/1). Setelah itu, ida betara nyejer selama enam hari. Penyineban akan dilakukan pada Minggu (13/1) mendatang.

Pengemong Pura Dalem Puri I Gusti Mangku Ngurah Kubayan di dampingi, I Gusti Aji Mangku Mantra, Minggu (6/1) mengungkapkan, untuk tahun ini pelaksanaan Usaba Pura Dalem Puri Besakih memang sedikit lebih lama dari tahun lalu.

Kata dia, untuk tahun lalu Usaba hanya berlangsung selama tiga hari. Sedangkan Usaba tahun ini nyejer selama enam hari.

“Pelaksanaan Usaba diperpanjang tiga hari karena memberikan ruang kepada pemedek yang hendak tangkil untuk melakukan persembahyangan. Menhingat setiap tahunnya jumlah pemedek terus bertambah.

Baca juga:  Puncak Karya Digelar di Pura Peninjoan Besakih

Sementara waktu Usaba cukup singkat. Jadi dengan ditambahnya eaktu Usaba tahun ini, maka pemedek dapat leluasa melakukan persembahyangan sehingga tidak sampai berdesak-desakan seperti sebelum-sebelumnya,” ungkanya.

Mangku Kubayan menambahkan, menjelang puncak Usaba, sebelumnya pihaknya telah melakukan persiapan mulai dari memasang umbul-umbul, ider-ider di semua pura serta persiapan yang lainnya. Dan pada hari ini (Minggu red) dilaksanakan upacara nedunang Ida Bhatara. Untuk Senin (7/1) dilaksanakan katuran ayaban dan Selasa (8/1) merupakan Puncak Usaba. Jelas dia, dan selanjutnya pada Rabu (9/1) sampai dengan Sabtu (12/1) penganyar dan Minggu (13/1) Ida Bhatara Kasineb. (eka prananda/balipost)

 

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.