Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Mandiri dalam hal keuangan atau yang kadang disebut dengan istilah financial independence memang penting bagi setiap orang, tidak terkecuali untuk perempuan muda. Mandiri itu bukan soal bagaimana caramu dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Akan tetapi, termasuk juga saat kamu mempersiapkan diri secara finansial di semua kemungkinan. Kehidupan ini bersifat tidak pasti, bahkan ketika kamu sudah membuat rencana masa depan yang sedetail mungkin. Namanya juga masa depan, tentunya masih menjadi misteri dan apapun bisa terjadi.

Bahkan dalam waktu 5 menit ke depan pun tidak ada yang tahu apa yang terjadi pada saat itu. Akan tetapi, dengan adanya harapan demi masa depan, bisa menjadi motivasi besar untuk melawan ketakutan karena faktor ketidakpastian tersebut.

Sebaiknya, jadikan persiapan tersebut sebagai “a lifetime jobs”. Sebagai perempuan muda, kebutuhan financial independence wajib kamu latih.

Apa sih manfaatnya? Berikut manfaatnya seperti yang dikutip dari Swara Tunaiku.

1. Punya “Sekoci Cadangan”

Pada waktu sudah berkeluarga, nanti kamu wajib memahami financial independence. Bukankah kita tidak bisa terus-menerus bergantung pada suami? Syukur-syukur bisa membantunya juga.

Misalkan suamimu kehilangan pekerjaan atau terjadi hal lain yang tidak diinginkan, maka hubungan rumah tangga tetap harmonis karena sudah ada persiapan ini. Dukungan dari segi moral dan finansial sangat dibutuhkan dalam rumah tangga. Selain itu, dengan bekal financial independence yang kamu miliki, suami pun lebih rileks ketika mencari pekerjaan hingga menemukan yang tepat.

2. Punya Persiapan saat Kebutuhan Hidup Meroket

Ketika inflasi terjadi, bukan hanya pemerintah yang kesulitan, tetapi juga sebagian besar warga. Pasalnya, inflasi menyebabkan semua kebutuhan jadi melambung setinggi langit. Dengan menerapkan prinsip financial independence, kemungkinan besar kamu tidak akan ikut hanyut oleh problematika yang diciptakan oleh inflasi tersebut.

3. Meningkatkan Moral Diri Sendiri

Orang mandiri memiliki ciri khas, yakni tidak tergantung oleh orang lain. Secara tidak langsung, kepercayaan diri pun meningkat sehingga selalu siap menghadapi segala macam situasi di dalam kehidupan. Begitu pula ketika kamu memiliki impian maupun aspirasi. Ketika ingin kursus, jalan-jalan, atau beli barang pun bisa pakai modal sendiri.

Baca juga:  IRT Juga Bisa Berbisnis, Ini 7 Ide Usaha Bermodal Kecil

4. Meningkatkan Status di Masyarakat

Sudah lama perempuan menjadi objek dari kekerasan, penindasan, serta pembatasan hak oleh masyarakat. Bahkan perlakuan tersebut acapkali ditemukan di ranah keluarganya sendiri.

Perempuan yang mandiri tidak akan takut lagi dengan batasan sosial tersebut. Jadi tidak ada istilah helpless lagi ketika stigma patriarkis masih dijunjung di masyarakat.

5. Mampu Berkontribusi untuk Negara agar Lebih Maju

Dengan financial independence, kesetaraan antara laki-laki dan perempuan pun bisa tercapai. Meskipun angkatan pekerja laki-laki cenderung lebih banyak, dari tahun ke tahun selalu ada perubahan.

Prestasi demi prestasi pun ditorehkan oleh kaum perempuan sehingga bisa turut berkontribusi untuk negara. Baik di sektor industri maupun ekonomi. Seiring peningkatan jumlah perempuan yang berpenghasilan secara mandiri, PDB atau Produk Domestik Bruto pun ikut meningkat. Alhasil, kesejahteraan bisa dirasakan oleh masyarakat lebih luas di Indonesia.

6. Menjadi Aspirasi

Seorang perempuan yang berpegang teguh terhadap financial independence rata-rata memiliki motivasi kuat. Tidak mustahil kiprah yang kamu torehkan turut memotivasi orang lain.

Anak-anakmu pun akan belajar dari semua yang mereka lihat di dirimu. Cepat atau lambat, mereka pasti ikut menjadi sosok-sosok mandiri ketika dewasa nanti.

7. Memiliki Kemerdekaan untuk Masa Depan

Bukan zamannya lagi perempuan tergantung sepenuhnya pada suami terkait finansial. Dengan financial independence, kesempatan untuk merdeka dalam menentukan masa depan pun terbuka luas. Bahkan bisa turut membuka gerbang masa depan secara mandiri untuk orang lain juga.

Ketika kamu punya anak, maka mereka akan menirumu apa pun yang kamu lakukan. Baik sikap buruk maupun baik. Mereka itu ibarat batu permata yang semakin digosok semakin cemerlang. Dengan jiwa dan sikap financial independence yang kamu miliki, mereka akan selalu meneladanimu hingga tumbuh dewasa. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.