Suasana penyerahan penguatan kelembagaan untuk LPD Kabupaten kota se-Bali berupa dana operasional oleh Ketua BKS LPD Bali Drs I Nyoman Cendikiawan SH. M. Si. kepada ketua BKS LPD Kab Kota se- Bali dalam acara HUT ke 34 LPD Bali Minggu (25/11). (BP/adv)

RIBUAN masyarakat dan karyawan LPD se-Bali ikuti jalan santai dalam rangka HUT ke-34 LPD Bali yang berpusat di Lapangan Astina, Gianyar pada Minggu (25/11). Melalui perayaan ini, mengingatkan cikal bakal lahirnya LPD di desa pakraman. Bahkan hingga kini LPD masih menjadi kepercayaan masyarakat Bali, sebagai lembaga keuangan yang berlandaskan Tri Hita Karana.

Perayaan HUT ke 34 yang diikuti antusias ribuan masyarakat dan karyawan LPD sehingga Bali ini, dimulai Minggu pagi sekitar pukul 06.00 wita. Kegiatan ini diawali dengan acara jalan santai, dilanjutkan dengan pengundian doorprise dan acara seremonial yang dilakukan di Balai Budaya. Acara ini juga dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Ketua DPRD Kabupaten Gianyar I Wayan Tagel Winarta serta Sekda Kabupaten Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya.

Ketua Badan Kerjasama (BKS) LPD Provinsi Bali Drs. I Nyoman Cendikiawan,SH., M. Si, dalam sambutannya mengatakan,  perayaan HUT ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya,  mengingatkan cikal bakal lahirnya  LPD Bali di desa pakraman, memperkokoh keberadaan lembaga serta merealisasikan apa yang menjadi moto LPD selama ini yaitu persatuan dan kebersamaan.  “Beberapa kegiatan yang sudah digelar sebelumnya, juga bertujuan memperkuat eksistensi kelembagaan dengan nilai-nilai luhur budaya dan berlandaskan Tri Hita Karana,” jelasnya.

Cendikiawan juga mengatakan bahwa, kegiatan ini sebagai upaya dari BKS-LPD Bali dalam mengimplementasikan konsep Tri Hita Karana, sehingga manfaat LPD makin dirasakan nyata oleh warga desa pakraman. “Untuk diketahui, kegiatan ini sudah dilakukan juga oleh masing-masing LPD di desa pakraman melalui penyisihan dana sosial sebesar 5 persen dari total keuntungan setiap akhir tahun. Semoga perayaan HUT ke-34 yang digelar mampu menginspirasi agar tujuan kita tercapai,” ungkapnya.

Baca juga:  Pemberdayaan LPD dan Toko Berjaringan Desa Pakraman

Sementara itu,  Wakil Gubernur Bali Tjokorde Oka Artha Ardana Sukawati,  mengatakan pada usia ke-34 ini merupakan usia yang sangat cantik, bahkan menjadi puncak kejayaan bagi LPD. “Mudah-mudahan pada usia ini LPD bali makin maju dan jaya untuk kedepannya,” ungkap pria yang akrab disapa Cok Ace.

Lebih lanjut,  pria asal Puri Ubud ini menekankan,  melihat perkembangan zaman khususnya revolusi industri (RI) 4.0, sudah barang tentu LPD harus mampu mengikuti.  “Beberapa daerah mungkin terjadi kesulitan dalam penyaluran kredit,  karena dana masyarakatnya besar dan daerahnya tergolong maju, sehingga sedikit yang membutuhkan kredit. Hal ini tentunya harus diambil  kebijakan kedepan agar potensi-potensi yang ada bisa maksimal digarap LPD melalui kerjasama antar LPD,  sehingga tidak diambil pihak lain,” imbuhnya.

Sementara Ketua Panitia HUT ke-34, I Wayan Artana mengatakan berbagai kegiatan pun meriahkan perayaan HUT LPD Bali ke 34 ini,  mulai dari pengobatan gratis,  donor darah, undian berhadiah,  hingga seremonial yang dihadiri oleh tamu undangan mulai dari pejabat pemerintahan hingga rekanan LPD

Ditambahkan serangkain perayaan HUT sudah mulai dilakukan sejak sebulan lalu yang diawali dengan matur piuning di Pura Samuan Tiga,  Gianyar.  Berbagai perlombaan dan aksi sosial pun meriahkan perayaan HUT tahun ini,  mulai dari lomba mewarnai,  mural, bersih-bersih pantai hingga memberikan bantuan sosial kepada masyarakat penyandang disabilitas.

Ditengah perayaan HUT ini juga diisi dengan penyerahan penguatan kelembagaan untuk LPD Kabupaten kota se-Bali berupa dana operasional oleh Ketua BKS LPD Bisa Drs I Nyoman Cendikiawan SH. M. Si. kepada ketua BKS LPD Kab Kota se- Bali. (ADV/balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.