Tim Weimana Unud meraih prestasi membanggakan dalam kompetisi Mobil Listrik Indonesia yang digelar di Bandung. (BP/istimewa)

BANDUNG, BALIPOST.com – Tim Weimana Universitas Udayana dengan kendaraan listrik “Laksamana” meraih prestasi membanggakan. Tim ini berhasil menyabet Juara Umum I dalam ajang Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (MLI) X yang dilaksanakan di Bandung.

Tim Weimana Fakultas Teknik Unud ini berada di bawah bimbingan pembina, I Dewa Gede Ary Subagia, S.T.,M.T., Ph.D dan dimotori oleh mahasiswa Program Studi Teknik Mesin dan Program Studi Elektro. Mereka berhasil meraih juara 1 di kategori slalom dengan waktu tercepat 4,9 detik, juara 1 di kategori percepatan dengan percepatan 5,1 m/s2, pada kategori tanjakan menjadi juara 2 dengan capaian 7,3 Watt/kg, kategori kecepatan juara 2 dengan waktu tercepat rata-rata 12 menit, 14 detik untuk sepuluh kali putaran sepanjang 1 km dan sekaligus meraih juara ketiga dalam kategori efisiensi sebesar 91%. Hasil tersebut mengantarkan Tim Weimana menjadi juara umum.

Menurut Ary, capaian itu bukan hal yang mudah karena sejak 2013, Tim Weimana tidak pernah absen ikut serta. Di kompetisi selalu meraih gelar juara dan di tahun ini bisa menyabet predikat juara umum. “Raihan juara saat ini yang paling lengkap dan paling luar biasa karena Tim Unud berhasil meraih juara kecepatan sekaligus juara efisiensi,” katanya.

Baca juga:  Gianyar Siapkan Kuota Baru Toko Modern Berjejaring, Dua Lokasi Ini akan Bertambah

Dalam kesempatan yang sama, Rizki atau sering dipanggil Jernat, mahasiswa angkatan 2016 yang merupakan pengemudi kendaraan Tim Weimana menjelaskan kendaraan yang dikemudikan memiliki stabilitas dan daya yang sangat optimal. Tak heran jika menjadi yang terbaik di antara mobil listrik lainnya yang berkompetisi.

Dekan Fakultas Teknik Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, M.T., Ph.D yang juga pernah menjadi Pembina Tim Weimana mengapresiasi dan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada mahasiswa. Di sela itu, ia juga meminta doa karena Tim Weimana akan kembali berjuang untuk menjadi yang terbaik diajang Kompetisi Mobil Hemat Energi. Kegiatan ini digelar Belmawa Kemenristekdikti mulai 26 November sampai 1 Desember di Universitas Negeri Padang, Padang. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.