Sejumlah warga di sekitar Jalan Kapten Saestuhadi berkerumun melihat bunga bangkai yang tumbuh tepat di taman depan Kantor LPD Banjar Tengah. (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Warga di Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara, tepatnya di jalan Kapten Saestuhadi, Kamis (15/11) dikejutkan dengan munculnya jenis bunga bangkai berukuran sebesar bola volley di depan kantor LPD Banjar Tengah.

Menurut warga sekitar lokasi, baru kali ini muncul bunga yang biasanya berbau kurang sedap itu. Entah bagaimana tiba-tiba bunga yang biasanya ditemukan di kebun atau hutan ini tumbuh di pinggir jalan.

“Baru kali ini muncul sebesar ini juga. Setahu saya biasanya bunga ini  baunya busuk,” ujar salah seorang warga.

Karena dianggap tak biasa, tak sedikit warga yang datang hanya sekadar melihat bunga tersebut dan mengabadikan gambar menggunakan ponsel mereka.

Ketut Wikanadi salah seorang pegawai di LPD Banjar Tengah juga terkejut mendapati adanya bunga bangkai yang biasa disebut warga Bunga Lading ini. Ia baru mengetahui sekitar tiga hari lalu saat diriya duduk di warung dekat kantor LPD. Wikanadi mencium bau busuk dari arah depan Kantor dan mencarinya. Ternyata sumber bau itu berasal dari bunga berwarna cokelat itu.  “Saya kira bau itu dari truk angkut ikan yang lewat, ternyata dari bunga ini,” tandas Wikanadi.

Baca juga:  Bunga Bangkai Kembali Tumbuh di Jembrana

Dari pihak Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jembrana juga telah turun mengecek adanya bunga yang diduga bunga bangkai itu. Bunga ini diketahui memiliki lebar 60 centimeter dan tinggi 40 centimeter ini adalah bunga bangkai jenisAmorphopallus Paeinopolius. Bunga ini memang sering ditemukan tumbuh di daerah tropis dan muncul saat musim hujan. Saat ini kondisi bunga sudah mulai layu dan baunya mulai berkurang. (surya dharma/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.