TANGERANG, BALIPOST.com – PT Angkasa Pura II tengah mempersiapkan diri untuk penggarapan proyek terbaru pengembangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Pengembangan terbaru salah satunya adalah pembangunan Terminal 4 (T4) Bandara Soetta itu.

Saat ini pihak manajemen Angkasa Pura II membuka pelelangan pekerjaan desain Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Pada tahap ini, Angkasa Pura II akan menentukan konsultan yang layak untuk mengkreasikan konsep rancangan terminal berikut basic design serta detail engineering design (DED).

Presdir AP II Muhammad Awaluddin menjelaskan, melalui proses pelelangan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan pelayanan di Bandara Internasional -Soekarno Hatta. “Hingga saat ini Bandara Internasional Soekarno-Hatta sudah melayani lebih dari 60 juta penumpang per tahunnya. Melihat tren pertumbuhan penumpang pesawat terbang yang cepat, kami melihat perlunya pengembangan kapasitas bandara sehingga langkah awal lelang pekerjaan desain Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta harus segera kami lakukan,” ucap Awaluddin.

Awaluddin menjelaskan, Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta rencananya akan dijadikan terminal dengan kapasitas 40 juta penumpang per tahun. Sehingga secara keseluruhan Bandara Internasional Soekarno-Hatta memiliki kapasitas 110 juta penumpang per tahunnya. “Melihat data statistik yang dikeluarkan oleh World Air Traffic Forecast, Indonesia masuk dalam 7 besar negara yang memiliki pertumbuhan penumpang pesawat terbang tertinggi di Asia Pasifik. Itu artinya kita harus siap melayani calon pengguna jasa bandara, baik itu domestik maupun internasional. Nantinya Terminal 4 ini akan memiliki kapasitas setidaknya 40 juta penumpang per tahun,” jelas Awaluddin.

Baca juga:  Bukit Menoreh Dibelah untuk Persingkat Rute ke Borobudur, Ditarget Rampung 2022

Lebih lanjut, Awaluddin juga menjelaskan bahwa pekerjaan pembangunan Terminal 4 diharapkan bisa dimulai pada tahun 2021 dan rampung pada tahun 2025,” Mudah-mudahan tahun 2021 kita sudah mulai pekerjaannya dan selesai dalam waktu 4 tahun kedepan,” tutup Awaluddin.

Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta mengusung Konsep Smart Airport dimana nanti akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas State of The Art Technology yang meliputi 3 hal yaitu Smart Mobility, Smart Security, dan juga Smart Environment. Untuk fasilitas Smart Mobility seperti self-check in counter, self-baggage drop, dan lainnya, para Penumpang dapat melakukan proses-proses flow di bandara secara mandiri.

Full Body Scanner X-ray serta Smart CCTV merupakan beberapa fasilitas Smart Security yang nantinya akan hadir di Terminal 4. Sedangkan untuk Smart Environment Terminal 4 mengusung konsep ecogreen airport seperti penggunaan Smart Grid, Intelligent Building Management System serta teknologi yang mendukung penggunaan energi baru dan terbarukan. Tampilan Terminal 4 memadukan konsep modern dengan kearifan lokal. (Nikson/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.