JAKARTA, BALIPOST.com -Tepat satu minggu pasca musibah jatuhnya Pesawat Lion Air JT 610 di Perairan Tanjung Karawang, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan, Badan SAR Nasional, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Tim Disaster Victim Identification (DVI)  Polri serta TNI menyampaikan upaya-upaya penanganan musibah yang telah dilakukan kepada para korban. Penyampaian tersebut dilakukan di hadapan keluarga korban di Jakarta, Senin (5/11).

Hadir dalam pertemuan ini, Menhub Budi Karya Sumadi, Kepala Basarnas Marsekal Madya Muhammad Syaugi, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, Ketua Bidang DVI Polri Lisda Cancer, serta Komandan Satuan Kapal Amfibi Koarmada I Kolonel Laut (P) Bambang Trijanto. Masing-masing pihak menyampaikan kronologi serta upaya evakuasi korban dan identifikasi yang telah dilakukan.

Menhub menyampaikan, pemerintah telah berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan proses pencarian dan evakuasi korban, badan pesawat dan black box atau kotak hitam. “Dalam upaya pencarian ini, kami lakukan sesuai dengan instruksi Presiden. Beliau berpesan agar proses pencarian ini dilakukan dengan all out, sungguh-sungguh, bahkan diminta untuk 24 jam,” ungkap Menhub.

Baca juga:  Wisatawan Diminta Waspada Gelombang Tinggi

Menhub juga menyampaikan apresiasi kepada tim gabungan yang terdiri dari Basarnas, KNKT, Polri, Penjagaan Laut dan Pantai, Bakamla, Bea Cukai, Palang Merah Indonesia, Indonesia Divers, Pertamina dan banyak lagi. Menurut Menhub, tim tersebut telah bekerja pagi hingga malam, bahkan sampai mengorbankan nyawa.

Menhub Budi juga menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam atas gugurnya relawan penyelam Indonesia Divers Rescue, Syachrul Anto yang meninggal saat melakukan pencarian korban Lion Air. “Saya juga menyampaikan duka cita gugurnya pahlawan aviasi Bapak Syachrul Anto yang tergabung dalam Tim SAR yang bertugas untuk mengevakuasi korban,” tutup Menhub.

Proses Evakuasi Diperpanjang

Sementara itu, Kepala Basarnas Marsekal Madya Muhammad Syaugi menambahkan proses evakuasi korban pesawat Lion Air JT 610 akan diperpanjang hingga tiga hari ke depan. “Mudah-mudahan dengan tambahan tiga hari ini, kalau memang masih ada, akan segera di evakuasi dan diserahkan ke Rumah Sakit Polri,” ujar Syaugi.

Baca juga:  Sudan Dilanda Konflik Militer, Pemerintah Siapkan Evakuasi WNI

Berdasarkan laporan yang diterima, hingga saat ini Tim SAR telah berhasil mengumpulkan 140 kantong jenazah korban pesawat Lion Air JT 610 tujuan Jakarta-Pangkal Pinang. “Sejak 4 November, Tim SAR dengan kekuatan personel hamper 1.400 orang sudah melakukan evakuasi sejumlah kantung jenazah dan telah diserahkan ke Polri untuk identifikasi. Sampai saat ini RS Polri telah berhasil mengidentifikasi 14 jenazah,” kata Menhub.

Terkait dengan proses investigasi, Ketua KNKT Soejanto Tjahjono mengatakan, butuh waktu dua minggu untuk memverifikasi data black box pesawat Lion Air. “Jadi data black box yang flight data recorder (FDR) sudah kami unduh dan sudah berhasil, datanya bagus. Saat ini sedang kami verifikasi,” jelas Soejanto

Baca juga:  Pertahankan Warisan Budaya, Solo Menggelar Wisata Kampung Kota

Menhub Budi juga meminta Lion Air dan stakeholder penerbangan lainnya untuk semaksimal mungkin membantu memfasilitasi keluarga korban Pesawat Lion Air JT 610. “Saya minta kepada Lion Air untuk melakukan pendampingan keluarga korban dan memfasilitasi kebutuhan keluarga korban, bukan Lion Air saja tetapi seluruh stakeholder aviasi saya minta untuk membantu para keluarga korban,” ujar Menhub.

Dalam pertemuan tersebut, keluarga korban diberi kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan maupun masukan kepada pemerintah. Beberapa keluarga korban yang hadir menyampaikan apresiasinya atas upaya maksimal yang telah dilakukan pemerintah dalam proses penanganan kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 dan berharap agar pemerintah memperpanjang proses pencarian korban yang masih belum ditemukan, serta mengusut tuntas penyebab kecelakaan. (Nikson/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *