Pemkab Karangasem meraih MURI karena pelaksanaan Genjek Kolosal yang diikuti 18.012 orang. (BP/istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Genjek kolosal yang digelar di Taman Soekasada Ujung meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), Minggu (28/10). Genjek yang meraih rekor Muri tahun ini merupakan Pagelaran Genjek Kolosal yang kedua dengan jumlah peserta 18.012. Pagelaran pertama pada 2016 pesertanya 15.361 orang.

Para peserta genjek terdiri dari para pelajar SMP, remaja dan tokoh masyarakat yang bekerja di segala lapisan. Berasal dari seluruh pelosok desa dan para pegawai PNS dan non-PNS di Pemkab Karangasem.

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Sumatri sangat mengapresiasi semangat seluruh masyarakat Karangasem yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Hal inilah pada akhirnya membuat Festival Genjek Kolosal berhasil meraih Rekor Muri.

Mas Sumatri berharap, melalui Pagelaran Genjek Kolosal ini semangat nasionalisme dan kebhinekaan serta persatuan di kalangan pemuda  di Indonesia, khususnya di Karangasem, bisa terwujud. Pagelaran ini diharapkan mampu menumbuhkembangkan semangat kebersamaan dan gotong royong para pemuda dan masyarakat dalam membangun Karangasem untuk mewujudkan Karangasem cerdas, bersih, bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana.

Baca juga:  Hingga Agustus, Pendapatan DTW Tanah Lot Tembus 74 Miliar 

Sementara itu, Menteri Pariwisata RI yang diwakili oleh Prof Dr I Gede Pitana membuka secara resmi Pagelaran Genjek Kolosal ini. Ia mengatakan sangat mengapresiasi pelaksanaan genjek kolosal yang kedua.

Dikatakannya, festival adalah suatu cara yang paling efektif untuk memperkenalkan destinasi. Karangasem mempunyai kekuatan yang luar biasa di bidang kesenian khas yang tidak di temukan di kabupaten lain. “Kesenian tersebut harus dilestarikan contohnya kesenian genjek seperti sekarang. Festival genjek adalah suatu cara untuk melestarikan kesenian tradisional, Kementerian Pariwisata RI sangat berharap kepada masyarakat dan pemerintah, selain menyelenggarakan genjek seperti ini juga bisa menyelenggarakan festival  lain seperti festival gebug ende dan yang lainnya,” katanya.

Sri Widayati, Senior Manager MURI usai menyerahkan sertifikat MURI Genjek Kolosal yang diterima Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri, mengatakan, pihaknya secara resmi mengumumkan dan mengesahkan bahwa Festival Genjek Kolosal Karangasem tercatat pada MURI. “Dengan dicatatnya genjek massal ini, akan menambah harum nama Karangasem atau Bali pada umumnya di kancah nasional maupun internasional,” imbuhnya. (Eka Parananda/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.