Kondisi jalan di jalur Culali-Yeh Mampeh beberapa waktu lalu. (BP/ina)

BANGLI, BALIPOST.com – DPRD Bangli berencana akan mengeluarkan rekomendasi pengalihan arus lalu lintas truk galian C ke Penelokan, demi kelancaran pelaksanaan proyek perbaikan jalan di jalur Culali-Yeh Mampeh. Untuk menindaklanjuti adanya rekomendasi itu, Bupati Bangli I Made Gianyar pun akan segera melakukan kajian bersama tim teknis terkait. Jika memang dipandang perlu dilakukan pengalihan arus, maka Bupati akan mengeluarkan dispensasi agar truk bisa melintas sementara di Jalur Penelokan.

Dihubungi Rabu (17/10), Gianyar mengungkapkan pihaknya sampai saat ini belum menerima adanya keluhan terkait pelaksanaan proyek perbaikan jalan di jalur Culali-Yeh Mampeh. Semestinya jika ada keluhan/kendala yang dihadapi dalam proses pengerjaan proyek, pihak rekanan bisa menyampaikannya langsung melalui Dinas PUTRPerkim. “Saya belum tahu. Tapi ujug-ujug sudah ada rencana rekomendasi. Semestinya dari rekanan yang menyampaikan ke PU lalu menyampaikan ke bupati,” ungkapnya.

Namun demikian, karena sudah ada rencana dewan mengeluarkan rekomendasi, Gianyar mengatakan pihaknya saat ini tinggal menunggu rekomendasi yang dimaksud. Jika rekomendasi nantinya telah diterima, maka pihaknya akan segera menindaklanjutinya dengan melakukan kajian bersama tim dalam hal ini Dinas PUTRPerkim, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Polres Bangli, termasuk pemangku kepentingan pariwisata di Kintamani. “Saya akan kaji dulu bersama tim,” ujarnya.

Baca juga:  Truk Tabrak Truk dan Pagar Rumah Warga

Lanjut dikatakan Gianyar, jika masih memungkinkan proyek berjalan tanpa harus mengalihkan arus lalu lintas truk, maka pihaknya akan meminta rekanan mengerjakannya dengan situasi sekarang. Namun jika memang tidak memungkinkan perbaikan dilakukan ditengah adanya banyak truk yang berlalu-lalang di lokasi, maka pihaknya akan mengambil keputusan dengan mengeluarkan dispensasi agar Jalur Penelokan bisa dilintasi truk sementara waktu.

“Nanti akan kita kaji bersama dulu. Karena kalau pun truk diberikan dispensasi lewat di Penelokan, sekarang kan sedang ada pemasangan paving juga di sana dan rencana pembongkaran tiang listrik. Apakah akan diberikan dispensasi atau kita minta truk libur sementara, kita akan kaji dulu demi kepentingan dan kebaikan bersama,” kata Gianyar.

Sebagaimana yag diberitakan sebelumnya, Ketua DPRD Bangli Ngakan Kutha Parwata mengatakan pihaknya bakal merekomendasikan pengalihan arus lalu lintas (lalin) truk pengangkut material galian C ke jalur Penelokan untuk sementara waktu. Hal itu dilakukan sehubungan ditemukannya sejumlah kendala dalam pengerjaan proyek perbaikan jalan di jalur Culali-Yeh Mampeh saat kunjungannya ke lokasi proyek Selasa (16/10) lalu. Jika pengalihan arus lalin truk ini tidak dilakukan, dikhawatirkan pelaksanaan proyek perbaikan jalan di jalur Culali-Yeh Mampeh akan terganggu dan berpengaruh terhadap kualitas proyek. (dayu rina/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.