Pantai Jasri menjadi salah satu lokasi warga Karangasem melaksanakan banyu pinaruh, Minggu (14/10). (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Sehari setelah perayaan Hari Raya Saraswati, umat Hindu di Bali melaksanakan ritual mandi Banyu Pinaruh. Untuk di Kabupaten Karangasem warga menyerbu Pantai Jasri, Kelurahan Subagan, Karangasem, Minggu (14/10).

Sejak pagi-pagi, warga sudah berdatangan ke Pantai Jasri untuk melakukan banyu pinaruh. Mereka datang beramai-ramai. Sebelum berendam di pantai, mereka lebih dulu melakukan persembahyangan di bibir pantai untuk memohon keselamatan.

Salah seorang warga, I Wayan Wija mengaku baru pertama kali melakukan banyu pinaruh di Pantai Jasri. Karena kebetulan libur dan pulang kampung, akhirnya diputuskan untuk melakukan banyu pinaruh di pantai itu.

Wija menambahkan, jika banyu pinaruh merupakan sebuah tradisi di Karangasem. “Banyu pinaruh bukan tren zaman sekarang. Tapi banyu pinaruh sudah ada sejak lama. Bahkan jaman ibu saya sudah mengenal tradisi ini. Tujuan melakukan banyu pinaruh adalah untuk penyucian diri,” katanya.

Baca juga:  Pura Pucak Manik Ukir

Sementara itu, Balawista Pantai Jasri Wayan Aprianta mengatakan warga sudah ramai berkunjung untuk melakukan banyu pinaruh sejak pagi hari. “Kita tetap siaga di lapangan untuk melakukan penjagaan,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.