Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto dan Kapolda Bali Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose berkoordinasi saat latihan TFG pengamanan IMF-WB.(BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pertemuan tahunan IMF-WB 2018 berakhir dan ditutup Wapres RI Jusuf Kalla, Sabtu (13/10). Kesuksesan kegiatan tersebut, termasuk soal keamanan berkat sinergitas dan soliditas TNI-Polri.

Meski sudah ditutup, tapi pengamanan masih dilakukan karena banyak delegasi berada di Bali. Mereka mengunjungi obyek-obyek wisata menikmati keindahan alam dan budaya Pulau Dewata ini. “Dengan berakhirnya pelaksanaan IMF-WB Annual Meeting 2018, walaupun tugas pengamanan belum berakhir, namun selama pelaksanaan pertemuan tahunan itu berlangsung dari segi pengamanan dipandang sangat berhasil,” tegas Kapendam IX/Udayana, Kolonel Kav Jonny Harianto G., Minggu (14/10).

Keberhasilan ini dapat dilihat dari kondisi dan kenyataan di lapangan. Situasi yang selalu kondusif dan terkendali sehingga, kata Kapendam, pelaksanaan pertemuan IMF-WB berjalan dengan tertib, lancar, aman dan nyaman. “Bapak Kasum TNI Laksamana Madya TNI Dr. Didit Herdiawan Ashaf, selaku Pangkogabpam VVIP IMF-WB Annual Meetings 2018, mengapresiasi dan mengucapankan terima kasih kepada segenap Dansatgas, Dansubsatgas, serta seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan kegiatan ini. Beliau menyampaikan keberhasilan pengamanan ini merupakan suatu sejarah dan kedepannya dapat dijadikan sebagai pelajaran yang berharga,” ucap Kolonel Jonny Harianto.

Sementara Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Hengky Widjaja, mengatakan dari seluruh rangkaian kegiatan tersebut, pemerintah Indonesia khusususnya Provinsi Bali dinyatakan sukses menjadi tuan rumah. Selain berjalan aman dan lancar, tercatat sebanyak 34.000 delegasi dari 189 negara datang ke Bali. “Kesuksesan tersebut bisa dicapai karena koordinasi diseluruh stakeholder yang tergabung dalam kepanitiaan berjalan dengan baik dan maksimal,” tegasnya.

Baca juga:  Ratusan Delegasi IMF-WB AM 2018 akan Kunjungi Tanah Lot, Ini Jadwalnya

Apresiasi pun datang dari pihak IMF-WB. Mereka mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Polda Bali dan instansi terkait yang sudah menjaga keamanan dengan baik, ketat, tegas namun humanis. Menciptakan suasana sejuk, sehingga para delegasi merasa aman dan nyaman selama mengikuti sidang tahunan di Bali.

“Bapak Kapolda (Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose-red) mendengar langsung pihak IMF-WB memberi apresiasi atas pengamanan tersebut. Sinergitas TNI-Polri dari tingkat atas sampai bawah berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Proses pengamanan ini sangat luar biasa. Koordinasi antar Satgas berjalan optimal sehingga seluruh kegiatan IMF-WB dapat diamankan sesuai rencana yang telah ditentukan. “Bapak Kapolda mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Polri dan TNI yang terlibat dalam pengamanan ini,” ucap Kombes Hengky. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.