Presiden Joko Widodo berkunjung ke Palu. (BP/ist)

JAKARTA, BALIPOST.com – Bantuan internasional terus berdatangan untuk penanganan gempa di Palu, Sulawesi Tengah. Salah satunya dari Pemerintah Republik Korea (Korea Selatan).

Dalam rilisnya, Minggu (30/9), Korsel akan menyalurkan bantuan kemanusiaan sebesar satu juta dolar AS kepada pemerintah Republik Indonesia. Presiden Korea Selatan Moon Jae-in juga sudah mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan duka cita dan simpati atas terjadinya gempa bumi yang disusul tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

“Saya menyampaikan rasa prihatin mendalam atas musibah gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah pada 28 September yang mengakibatkan banyak korban meninggal dunia dan kerugian harta benda,” tulis Presiden Moon seperti dikutip dari surat yang dirilis Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta.

Baca juga:  Kali Ketiga, Presiden Korsel dan Korut Bertemu

Atas nama pemerintah dan rakyat Korea Selatan, Moon menyampaikan belasungkawa bagi keluarga korban yang meninggal dunia dan simpati yang mendalam bagi korban yang mengalami luka-luka. “Saya sangat berharap kegiatan pencarian dan penyelamatan korban hilang dapat terlaksana dengan lancar,” kata dia.

Data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia, jumlah korban meninggal mencapai 832 orang. Sedangkan korban luka-luka mencapai 540 orang, 29 orang belum ditemukan. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.