Bambang Soesatyo. (BP/dok)

SINGAPURA, BALIPOST.com – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura turut aktif mempromosikan berbagai destinasi wisata di Indonesia. Tak hanya Itu, KBRI Singapura juga diminta aktif sebagai jembatan diplomasi maupun menarik investor ke pasar modal.

“Indonesia punya alam yang luar biasa indahnya. Kini kita sedang gencar promosikan 10 New Bali. Kedutaan sebagai wajah Indonesia di luar negeri harus memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki untuk menarik wisatawan Singapura datang ke Indonesia,” ujar Bambang Soesatyo saat bertemu Dubes RI untuk Singapura, H.E I Gede Ngurah Swajaya, di Singapura, Rabu (5/9).

Dalam keterangan tertulisnya, Bamsoet, panggilan Bambang Soesatyo, didampingi Ketua BKSAP DPR RI Nurhayati Ali Assegaf, Mukhamad Misbakhun (Fraksi Partai Golkar), Ahmadi Noor Supit (Fraksi Partai Golkar) dan Aboe Bakar Alhabsy (Fraksi PKS). Bamsoet yag juga Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menilai, kekuatan pariwisata mampu mendongkrak pergerakan ekonomi rakyat secara cepat. Sekaligus menjadi penjaga perekonomian nasional dari keterpurukan.

Baca juga:  DPR Sampaikan Surat Persetujuan Calon Kapolri Kepada Presiden Jokowi

“Melalui pariwisata, berbagai sektor usaha UMKM rakyat seperti travel, penjualan souvenir, makanan dan minuman, busana, maupun berbagai penjualan barang dan jasa lainnya bisa terdongkrak secara signifikan,” kata Bamsoet.

Politisi Partai Golkar ini menilai, menggencarkan sektor pariwisata juga menjadi bagian dari rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Keindahan alam yang telah diberikan oleh Sang Maha Pencipta, tak boleh disia-siakan. “Indahnya alam Indonesia, utamanya yang terdapat di 10 New Bali, bukan hanya untuk warga Indonesia saja. Kita harus ajak warga dunia lain datang dan menikmati. Ini salah satu bentuk wujud syukur kita kepada Tuhan,” tutur Bamsoet.

Baca juga:  Segera! Pemerintah Karangasem Didesak Realisasikan APBD 2020

Dia meminta KBRI memberikan perhatian penuh kepada para WNI yang tinggal di Singapura. Terlebih, jumlah diaspora di Singapura mencapai lebih dari 160.000 jiwa yang tersebar dalam profesi sebagai penata laksana rumah tangga (PLTT) 111.025 orang, anak buah kapal 38.515 orang, pegawai formal 19.547 orang dan pelajar 9.636 orang. “KBRI harus memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi semua WNI yang tinggal di Singapura. KBRI juga harus bisa memotivasi dan memberikan pencerahan agar setiap warga bisa menarik wisatawan, maupun menampilkan berbagai kebaikan dari Indonesia,” tandas Bamsoet.

Baca juga:  Cegah Fanatisme Berlebihan dalam Sepakbola

Legislator Dapil Jawa Tengah VII meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini menegaskan, salah satu kekuatan utama bangsa terletak dari besarnya jumlah penduduk, baik yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri. Namun jika tidak disertai dengan semangat cinta tanah air, besarnya jumlah penduduk hanya akan menjadi angka yang sia-sia belaka. (Hardianto/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *