GIANYAR, BALIPOST.com – Kebakaran terjadi pada gedong penyimpanan Pura Dalem Desa Pekraman Tegalinggah, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh pada Rabu (18/7) sore. Dugaan sementara kebakaran ini terjadi akibat terkena percikan api upacara palebon yang berlangsung tidak jauh dari dari lokasi tersebut.

Informasi dihimpun awalnya diselenggarakan upacara ngaben yang pada saat itu sedang memasuki upacara Pengutangan atau Ngeseng Sawa. Tanpa diduga api dari pembakaran sarana upakara tersebut terpercik ke salah satu pelinggih Gedong Penyimpenan di Pura Dalem tersebut.

Diketahui jarak Pura Dalem dengan Setra cukup dekat yakni sekitar 30 meter. Selain itu atap pelinggih yang terbuat dari ijuk membuatnya mudah terbakar.

Saat terjadi kebakaran masyarakat Desa Pekraman Tegalinggah yang berada di Setra, sempat berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun upaya ini tidak membuahkan hasil.

Baca juga:  Kantor DLH Bangli Kebakaran, Sejumlah Ruangan Hangus dan Arsip Ludes

Berselang 20 menit datang petugas Damkar Kabupaten Gianyar membawa 2 unit mobil Damkar. Setelah berupaya cukup keras, api akhirnya bisa dipadamkan. “Setelah dihubungi pihak desa, petugas langsung meluncur ke lokasi dan memadamkan api,” kata Kasat Pol PP Gianyar Cokorda Gde Agusnawa yang membawahi petugas pemadam kebakaran. (Manik Astajaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.