Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gianyar, Dewa Gede Putra Amarta membuka Workshop Perpustakaan di UPT Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar (11/7). (BP/adv)

KEPALA Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gianyar, Dewa Gede Putra Amarta membuka Workshop Perpustakaan di UPT Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten   Gianyar (11/7). Workshop Perpustakaan diikuti 50 peserta berasal dari pengelola perpustakaan desa/kelurahan dan SMP se-Kabupaten Gianyar.

Kabid Deposit Pengembangan dan Pengolahan Perpustakaan, Dispusar Gianyar, Ni Made Seriasih melaporkan workshop dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 11-12 Juli. Peserta diberikan pengetahuan dan praktek pengelolaan perpustakaan dan pengelohan bahan pustaka manual maupun berbasis teknologi informasi.

Dimana pengelohan perpustakaan berbasis teknologi informasi menggunakan Program Perpuseru hasil kerjasama Dispusar Gianyar bersama Perpustakaan nasional dan Coca Cola Faoundation. Melalui Workshop peserta diharapakan mendapat pemahaman dalam pengelolaan perpustakaan secara teori dan praktek.

Seriasih menambahkan di Gianyar saat ini terdapat 447 perpustkaan, terdiri dari 369 perpustakaan sekolah, 70 perpustakaan desa/kelurahan, 5 perpustakaan instansi pemerintah, serta 3 perpustakaan keliling. Dari 447 perpustakaan yang ada terdapat 893.426 judul buku dengan jumlah kunjungan sebanyak 312.126 orang perbulan.

Baca juga:  Konsumen Setia, Rhenald Kasali Kembali Diminta Bintangi Iklan Tolak Angin

Kepala Dispusar Gianyar, Dewa Gede Putra Amarta, berharap melalui workshop perpustakaan dapat dikelola lebih professional, agar pengunjung merasa senang, nyaman dan rutin dating ke perpustakaan. Untuk itu diperlukan adanya standar koleksi, sarana dan prasarana, layanan, SDM, penyelenggaran serta pengelolaan perpustakaan. Dengan meningkatnya layanan perpustakaan dapat meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat menuju peningkatan mutu pendidikan dan sumberdaya manusia.

Peserta workshop, I Wayan Purnayasa dari Desa Batubulan, menyambut baik pelaksanaan workshop, karena sangat bermanfaat dalam peningkatan pengelolaan perpustakaan. Kedepan diharapkan selain adanya peningkatan pengetahuan pengelola perpustakaan diharapkan dapat lebih difasilitasi peningkatan koleksi buku perpustakaan yang ada.

Workshop menghadirkan narasumber dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali, Dra. Gusti Ayu Komang Suryati dengan materi Pengolahan bahan pustaka, Drs. I Wayan Tunjung dengan materi pengantar perpustakaan dan Drs. Rosbaedi dengan materi Pengantar Klasifikasi Perpustkaan. (adv/balipost)

 

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.