JAKARTA, BALIPOST.com – Yayasan El John Indonesia melalui El John Pageants menggelar malam puncak Grand Final Miss Earth Indonesia 2018 di Jakarta, Jumat (6/7). Pada acara yang mendapat dukungan penuh dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu, terpilih sebagai Miss Earth Indonesia yaitu Ratu Vasthi Annisa.

Pemilihan Miss Earth Indonesia oleh Yayasan El John Indonesia bertujuan untuk mencari generasi muda yang berwawasan di bidang lingkungan hidup dan dapat menjadi agent of change kelestarian lingkungan. Selain itu, penyelenggaraan Miss Earth Indonesia 2018 diharapkan mampu mengembangkan sumber daya manusia yang mencintai dan mau menjaga bumi.

Hadir di acara tersebut Pendiri dan Ketua Dewan Pembina Yayasan El John Indonesia Johnnie Sugiarto, serta sebagai dewan juri adalah Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Rosa Vivien Ratnawati, Pendiri & Anggota Pembina Yayasan KEHATI Erna Witoelar, Conservation Director WWF Indonesia Arnold Sitompul, Miss Earth Indonesia 2017 Michelle Victoria Alriani, dan First Runner Up Miss Eco International 2018 RR Astira Intan Vernadeina.

Di tahun penyelenggaraan ke-6, Miss Earth Indonesia 2018 diikuti oleh 30 kontestan dari seluruh Tanah Air. Sebelumnya acara puncak, seluruh kontestan menjalani tahapan karantina.

Kegiatan karantina meliputi pembekalan dari pemateri yang unggul dalam bidang lingkungan hidup, pengelolaan sampah, kecantikan, public speaking, hingga koreografi dan catwalk.

Para kontestan Miss Earth Indonesia juga melakukan kunjungan ke beberapa
tempat seperti Martina Berto Sari Ayu Martha Tilaar, Scientia Square Park, Waterbom Jakarta Pantai Indah Kapuk, dan Jakarta Aquarium. Tidak lupa, seluruh kontestan juga mensosialisasikan gerakan antiplastik sekali pakai di Car Free Day.

Baca juga:  Siswa SMPN 2 Tembuku Olah Sampah Jadi Produk Kerajinan 

Selain kunjungan ke destinasi wisata, para kontestan juga berkesempatan untuk berjumpa langsung dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Para finalis berdialog seputar perkembangan dan masa depan pariwisata Indonesia.

Menpar menyatakan dukungannya kepada pemilihan Miss Earth Indonesia 2018. Ia juga menyebutkan Miss Earth Indonesia sebagai representatif generasi muda Indonesia yang peduli lingkungan, dan diharapkan mampu menjadi spoke person/infuencer guna membantu terciptanya gerakan cinta lingkungan sehingga masyarakat merasa turut memiliki dan menjaga destinasi-destinasi wisata yang ada di Nusantara.

Sambutan baik juga dilontarkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. Ia berharap kegiatan ini mampu mewujudkan masyarakat sadar ramah lingkungan.

CEO El John Indonesia Johnnie Sugiarto mengatakan, Yayasan El John Indonesia telah membuktikan dengan konsisten mengangkat isu lingkungan dalam menyadarkan masyarakat untuk mencintai lingkungan dengan enam kali menyelenggaraan pemilihan Miss Earth Indonesia.

Selain pemilihan Miss Earth Indonesia 2018, dewan juri juga memilih Miss Earth Indonesia Air 2018 yang jatuh kepada Aluna Rifani, Miss Earth Indonesia Water 2018 yang disandang Maurizka Khansa Kaulika, Miss Earth Indonesia Fire 2018 yang diraih Vivian Jo, Miss Earth Indonesia Eco Tourism 2018 disandang Yohana Gabriela. (Nikson/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.